Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik

Jauharatul Arafah, Toha Makhsun

Abstract


Perhatian orangtua merupakan segala bentuk pemusatan tenaga / kekuatan jiwa yang dilakukan oleh dua orang dewasa ( orangtua ) yang tertuju pada satu pusat objek tertentu yaitu anak. Orangtua dapat memberikan perhatian berupa memperhatikan kesehatan anak, memenuhi fasilitas belajar, memberikan pengawasan ketika belajar, memberikan situasi nyaman dan tenang disaat anak sedang belajar dirumah, memberikan bimbingan belajar kepada anak disaat anak mengalami kesulitan belajar. Dalam proses pembelajaran perhatian orangtua memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat membantu peserta didik didalam mencapai tujuan dari belajar yaitu prestasi yang dihasilkan dari kegiatan belajar yang selama ini peserta didik lakukan. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTs Asy – Syarifah Mranggen Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian orangtua di MTs Asy – Syarifah Mranggen Demak, untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Asy – Syarifah Mranggen Demak, dan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTs Asy – Syarifh Mranggen Demak. Peneliti ini menggunakan penelitian korelasi, dengan anggota populasi siswa kelas IX di MTs Asy – Syarifah Mranggen Demak yang berjumlah 152 orang. Sample diambil dengan teknik purposive sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki peluang untuk menjadi sampel penelitian, berjumlah 42 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan diolah dengan rumus statistik yaitu uji t-Test dimana data diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTs Asy – Syarifah Mranggen Demak. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus statistik uji t – test sebesar
6,463 dengan demikian2,01 < 6,463 > 2,704.. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTs Asy – Syarifah Mranggen Demak.
Saran dari penulis untuk penelitian ini yaitu: (1)Bagi orangtua diharapkan
tetap memberikan bimbingan belajar dan selalu memberikan peran aktif didalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui perhatian yang diberikan oleh orangtua (2) bagi peserta didik diharapkan untuk memberi perhatian yang lebih kepada
guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung karena juga berdampak positif juga untuk peserta didik itu sendiri maupun bagi guru (3) bagi sekolah diharapkan untuk sering melakukan pertemuan / evaluasi dengan wali murid dan peserta didik guna untuk memberikan pengarahan terkait prestasi belajar siswa sehingga dapat mengembangkan segala komponen pendidikan dengan baik yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Asy –Syarifah Mranggen Demak.

Kata Kunci: Pendidikan, Perhatian Orangtua, Prestasi Belajar , Peserta Didik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.