Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Demak

Akhsanul Choliqin, Hidayatus Sholihah, Ahmad Muflihin

Abstract


Abstrak
Adanya wabah penyakit covid-19 menimbulkan kebijakan bagi sekolah berupa
pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan e-learning. Sekolah dituntut untuk
tetap melangsungkan pendidikan begitupun pada matapelajaran Pendidikan Agama
Islam. Hal tersebut memaksa setiap sekolah, guru, siswa maupun orang tua untuk
menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi
kasus . Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data berupa reduksi data,
penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan informan dalam penelitian ini
meliputi: pengajar pendidikan agama Islam dan pihak terkait sebagai penunjang.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan pada kategori baik
perlu tetap adanya evaluasi menyeluruh dan berkala. Strategi jitu dengan
penggunaan teknologi modern berupa e-learning secara maksimal dengan adanya
perbaikan secara berkala menjadi salah satu alternatif di tengah kebijakan
pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: E-Learning, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.