Pengaruh Pembelajaran Daring Melalui Group Whatsapp (WA) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas II Di SDN Kangkung 1

Karina Puspa Kusuma, Sari Yustiana, Jupriyanto Jupriyanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar kognitif siswa
pada pembelajaran IPA di Kelas II pada saat Pembelajaran daring melalui Group
Whats app. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, karena data yang dikumpulkan
dalam penelitian ini berasal dari data yang sudah ada, yaitu data nilai Ulangan
Harian pelajaran IPA siswa Kelas II pada semester ganjil yang merupakan nilai
dari pembelajaran Daring. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini yaitu
pendekatan kuantitatif Deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas II
yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu Angket dan
dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi.
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa hasil Konstanta sebesar 60,632, mengandung
arti bahwa konsisten variable partisipasi sebesar 60,632.Koefisien regresi X sebesar
0.212, koefisien tersebut bernilai positif , sehingga dapat dikatakan bahwa arah
pengaruh variable x terhadap y adalah positif. Angka tersebut berarti hipotesis kerja
(Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh hasil belajar kognitif
siswa pada pembelajaran IPA di Kelas II pada saat pembelajaran daring melalui
group whats app di SD N Kangkung 1, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Dengan demikian dapat dibuat kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan
adanya pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA di Kelas II
melalui Group Whats App pada saat pembelajaran daring.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Pembelajaran daring, whats app


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.