Implementasi Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Di TPQ Sultan Fatah Demak

Lina Safira Andriyanti, Hidayatus Sholihah, Sarjuni Sarjuni

Abstract


Abstrak
Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi metode yanbu’a dalam
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) di TPQ Sultan Fatah Demak. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode yanbu’a dalam
pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di TPQ Sultan Fatah Demak dan
peluang dan tantangan metode yanbu’a dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an
(BTQ) di TPQ Sultan Fatah Demak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah
bagaimana implementasi metode yanbu’a dalam pembelajaran Baca Tulis Al-
Qur’an (BTQ) di TPQ Sultan Fatah Demak dan bagaimana peluang dan tantangan
metode yanbu’a dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di TPQ Sultan
Fatah Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field
reseach) dengan pendekatan kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data
yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan proses pembelajaran Al-
Quran menggunakan metode Yanbu’a sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur
tata cara pengajaran yang sudah ditentukan dalam kitab Yanbu’a pada bimbingan
mengajar. Keefektifan metode yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di
TPQ Sultan Fatah demak dapat dilihat dari faktor pendukungnya. Faktor
pendukung dari penerapan metode Yanbu’a di TPQ Sultan Fatah Demak yaitu
kualitas atau kemampuan pendidik dalam menerapkan metode Yanbu’a.
Kata Kunci : Pembelajaran Al-Quran, Metode Yanbu’a


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.