Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD N 2 Babadan Rembang

Mohammad Govinda, Sarjuni Sarjuni, Moh Farhan

Abstract


Abstrak
Tahun 2020 dunia dikejutkan dengan datangnya wabah Coronavirus 2019 (COVID-
19). Virus yang diduga berasal dari Wuhan, China ini mulai menyebar ke negara
tetangga dan terus berlanjut hingga seluruh penjuru dunia. (Yuliana, Corona Virus
Diseases (COVID-19): Sebuah Tinjauan Literatur) Adanya wabah tersebut orangorang
dihimbau untuk menguragi aktivitas di luar rumah dan kegiatan
pembelajaran maupun bekerja dilakukan secara work from home (WFH). Hal
tersebut menuntut semua pihak untuk lebih tanggap dan adaptif terhadap
perubahan-perubahan, terutama dalam sistem pembelajaran yang dilakukan secara
daring. Termasuk bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dari
pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif, yang mana dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan suatu objek,
fenomena, atau latar sosial yang digambarkan dalam tulisan naratif. Perencanaan
model pembelajaran daring dilakukan dengan menyiapkan RPP, mengunduh
aplikasi yang akan digunakan, serta memastikan keadaan jaringan. Dalam
pelaksaaannya, guru menggunakan beberapa aplikasi untuk mendukung
pembelajaran, seperti Zoom Metting whatshap group. Dalam proses evaluasi pun
guru tetap menggunakan aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran. Sejauh
ini, penerapan model pembelajaran daring dinilai kurang maksimal, sebab masih
banyak terjadi kendala ketika proses pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: Peran guru PAI, proses pembelajaran daring


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.