Pengaruh Product Placement dan Brand Image Lancome Dalam Drama Korea Start Up Terhadap Audience Recall pada Followers Akun Twitter @K_Dramaindo

Ainun Nafisah, Made Dwi Adnjani, Mubarok Mubarok

Abstract


Abstrak
Product placement merupakan sebuah aktivitas komunikasi pemasaran dengan
menempatkan sebuah produk melalui film atau drama. Namun penempatan produk
yang tidak sesuai dapat mempengaruhi citra produk atau tidak ada jaminan
audience sadar terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh product placement dan brand image Lancome dalam drama
Korea Start Up terhadap audience recall pada followers akun twitter
@K_DramaIndo. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif
dengan paradigma positivisme dan termasuk tipe penelitian survey. Teori yang
digunakan adalah teori AIDDA. Teknik pengambilan data dilakukan dengan
menyebar kuesioner pada sampel 100 responden yang mengikuti akun twitter
@K_DramaIndo dan sudah menonton drama Korea Start Up. Hasil penelitian
menunjukkan pengujian validitas semua item pertanyaan dinyatakan valid,
sedangkan pada hasil uji reliabilitas, nilai alpha pada product placement 0,878,
brand image 0,890, dan audience recall 0,879. Hasil perhitungan secara simultan,
product placement dan brand image memliki pengaruh pada audience recall karena
nilai Sig. F Change sebesar 0,000 atau < 0,05. Sedangkan nilai R (Koefisien
Korelasi) sebesar 0,805 maka bisa disimpulkan tingkat hubungan antara product
placement dan brand image terhadap audience recall secara simultan memiliki
hubungan yang sangat kuat karena berada di koefisien korelasi antara 0,80 – 1,00.
Kata Kunci: Product Placement, Brand Image, Audience Recall


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.