Pengembangan Media Pembelajaran Sol-AR (Solar System Augmented Reality) Pada Muatan Pelajaran IPA Bagi Siswa Kelas VI SDN Betokan 3 Demak

Meyrina Eka Laila, Yunita Sari, Jupriyanto Jupriyanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini berpusat pada pengembangan media pembelajaan berupa aplikasi
menggunakan teknologi Augmented Reality. Minimnya pemanfaatan dan
penggunaan teknologi sebagai inovasi media pembelajaran, dan kurang
mendukungnya media pembelajaran IPA khususnya mengenal sistem tata surya
yang sesuai dengan perkembangan zaman menjadikan kebutuhan dikembangkannya
media ini. Produk yang dikembangkan ialah Sol-AR (Solar System Augmented
Reality). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran
yang layak sehingga dapat digunakan oleh siswa dan guru. Metode penelitian ini
adalah R&D (Research and Development) dan dikembangkan menggunakan model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang
menjadi uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Betokan 3 Demak.
Pengujian kelayakan produk di nilai oleh dua ahli media dan satu ahli materi. Hasil
penilaian kelayakan media Sol-AR oleh ahli media mendapatkan nilai persentase
sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak†dan penilaian oleh ahli materi
memperoleh nilai persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat layakâ€.
Kata Kunci: Augmented Reality;, Sistem Tata Surya; IPA; kelayakan Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.