Komptensi Guru PAI Di SMA NU Kedung Jepara pada Era Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021

Muhammad Ulin Nuha

Abstract


Abstrak
Seorang pendidik harus memiliki kemampuan basic dalam hal mendidik siswa, hal
tersebut agar dapat meIaksankan peran dan tugasnya daIam proses pembeIajaran.
Dengan demikian proses atau kegiatan pembelajaran dapat terlaksanana dengan
efektif. Pada tahun pelajaran 2021 pengunaan cara pembelajaran yang berbeda
karena adanya pandemic Covid-19 yang biasanya melakukan pengajaran tatap
muka akan tetapi guru mengharuskan menggunakan media visual dalam
pembelajaran meskipun masih banyak problem yang terjadi. Walalupun masih
terdapat beberapa masalah. peserta. didik harus. memahami. apa yang di
isampaikan oIeh guru salah satunya pelajaran agama Islam.. Penelitian dengan
judul “Kompetensi Guru PAI pada Era Pandemi Covid19 di SMA NU
KEDUNGâ€,memiliki rumusan masalah bagaimana kompetensi guru PAI,
bagaimana proses pembelajaran, dan factor apa saja yang mendukung dan
menghambat pembelajaran di Era pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui kompetensi guru PAI dalam proses pembelajaran,mengetahui
penyampaian pembelajaran dan mengetahui factor pengdukung dan penghambat di
era pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode field research atau
penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer
dan skunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data akan dianalisa melalui lima tahap yaitu, analisis
uji validitas, analisis uji reliabilitas, analisis pendahuluan, analisis hipotesis, dan
analisis lanjut. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan
bahwa kompetensi guru PAI di SMA NU Jepara mencapai taraf baik dengan model
belajar daring, pembelajaran PAI di SMA NU menggunakan aplikasi google
classroom dalam penyampaian materi dan mengunakan whattshap dalam
penyampaian informasi, faktor menjadi pendukung pelaksanaan pembelajaran pada
era pandemic covid-19 di SMA NU Kedung Jepara adalah jaringan internet yang
bagus dan laboratorium komputer serta dukungan dari guru TIK yang kompeten
dalam membuat media daring dan factor penghambat adalah penguasaan aplikasi
google classroom yang kurang baik oleh siswa dan Tanpa tatap muka menjadikan
pendidik sukar menilai secara obyektif hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Kompetensi, Pembelajaran,Faktor Pendukung dan Penghambat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.