Pengaruh Model Think Talk Write Terhadap Disiplin dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas III SDN Kuripan 1 Purwodadi

Atika Woro Hapsari, Muhammad Afandi, Sari Yustiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Think Talk Write terhadap disiplin dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN Kuripan 1 Purwodadi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda.
Sedangkan Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji beda rata-rata, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata- rata disiplin belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Pada kondisi akhir rata-rata disiplin belajar siswa kelas eksperimen yaitu 85,94 dan kelas kontrol yaitu 82,29. Sedangkan prestasi belajar
siswa dapat dibuktikan dengan hasil analisis data dimana diperoleh nilai 0,025 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini dapat dilihat melalui perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 𝑥̅ = 86,29 dan kontrol 𝑥̅ = 78,86. Untuk mengetahui adanya pengaruh model Think Talk Write terhadap sikap disiplin dan prestasi belajar dapat dilakukan dengan menggunakan uji manova. Uji Manova menunjukkan bahwa adanya pengaruh model Think Talk Write dengan sikap disiplin siswa diperoleh nilai F sebesar 13,382 dengan signifikansi 0,000. Sedangkan pada prestasi belajar siswa diperoleh nilai F sebesar 23,026 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Think Talk Write terhadap disiplin dan prestasi belajar siswa materi pentingnya memiliki harga diri sebagai individu di kelas III SDN Kuripan 1 Purwodadi.

Kata Kunci: Model Think Talk Write, disiplin, dan prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.