Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar PAI Peserta Didik

Nur Saidah

Abstract


Di dalam lingkungan sekolah peserta didik belajar berinteraksi dengan lingkungan baru di luar lingkungan keluarga. Di dalam lingkungan sekolah ini peserta didik akan berinteraksi dengan sesama peserta didik, guru dan warga sekolah yang lain. Hal ini tentunya mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar PAI peserta didik di SD Negeri Daleman Sayung Demak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah diSD Negeri Daleman Sayung Demak, untuk mengetahui motivasi belajar PAI peserta didik
di SD Negeri Daleman Sayung Demak, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar PAI peserta didik di SD Negeri Daleman Sayung Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan lokasi penelitian di SD Negeri Daleman Sayung Demak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket/quesioner dan diolah dengan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar PAI peserta didik di SD Negeri Daleman Sayung Demak. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan diperoleh koefisien r hitung sebesar 0,428 dengan signifikansi 0,023, sehingga hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Saran dari penulis untuk penelitian ini yaitu: (1) Bagi guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang baik bagi peserta didik agar semakin termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal (2) Bagi peserta didik diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan mativasi belajar
(3) Bagi sekolah diharapkan mampu bekerja sama dengan pihak guru untuk mewujudkanlingkungan sekolah yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.