Implementasi Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Mijen Demak

Rizal Mahendra Asyiri Efendi

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui penerapan model Snowball Throwing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun Subyek Dalam Penelitian Ini yaitu Siswa kelas X IPA I SMAN I Mijen Demak Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah 38 siswa. Prosedur dalam penelitian ini yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi adapun pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode wawncara, observasi, dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes lisan, tes tertulis serta penugasan. Sedangkan hasil Analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif yaitu mengungkapkan fakta dengan menggunakan kata kata, dikarenakan data yang ada dalam penelitian tidak dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian bahwa pembelajaran PAI di kelas X IPA SMAN I Mijen Demak, sudah berjalan dengan efektif hal ini dapat dilihat dari hasil data sebesar 73% menyatakan bahwa pembelajaran PAI dengan model Snowball Throwing sudah efektif, karena guru berpendapat bahwa model tersebut tidak menjadikan siswa mengantuk terhadap pembelajaran PAI dan motivasi peserta didik meningkat. Sedangkan 22% menyatakan tidak efektif apabila pembelajaran PAI dengan model Snowball Throwing karena ada beberapa siswa pembelajaran dengan model ini menjadi lebih santai dan guru juga berpendapat lebih efektif menggunakan metode lain yang umumnya dipakai oleh guru dalam mengajar. Selanjutnya guru menyatakan bahwa terjadinya efektifitas dengan menggunakan model Snowball Throwing yaitu dengan nilai rata – rata 82 anak.

Kata Kunci : Model Snowball Throwing, Pembelajaran, PAI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.