PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SDN GEBANGSARI 02 TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PEMAHAMAN KONSEP

Wicaksono Wicaksono

Abstract


Penelitian ini menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan pendekatan tutor sebaya untuk mengetahui apakah ada perbedaan terhadap pemahaman konsep dan sikap sosial peserta didik. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh model pembelajaran picture and picture
belum pernah digunakan pada saat proses pembelajaran, kurangnya berbagai macam pendekatan, penggunaan media yang terbatas dan terdapat beberapa indikator pemahaman konsep dan sikap sosial yang belum dicapai. Desain penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian menggunakan 36 peserta didik sebagai sampel. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan uji lilliefors menggunakan SPSS dan uji t paired sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil dari perhitungan uji normalitas pretest yaitu Sig. 0,193 > α (0,05) dan uji normalitas posttest
Sig. 0,160 > α (0,05) sehingga data berdistribusi normal. Uji hipotesis I nilai lower dan upper bernilai negatif dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < α (0,05). Uji hipotesis II nilai lower dan upper bernilai negatif dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < α (0,05) maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep dan sikap sosial antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan pendekatan tutor sebaya.

Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Pemahaman Konsep, Sikap Sosial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.