Analisis Peran Seorang Istri Sebagai Ibu Rumah Tangga yang Turut Mencari Nafkah didalam Keluarga dan Relevansinya dengan Tujuan Perkawinan Ditinjau dari Segi Hukum Islam

Ulvya Alfah, Rozihan Rozihan, M Noviani Ardi

Abstract


Pernikahan adalah salah satu perintah Allah swt, munculnya hak dan kewajiban seorang suami istri dala pernikahan yaitu setelah terjadinya akad. Adapun kewajiban suami didalam keluarga yaitu salah satunya mencari nafkah sedangkan seorang istri lebih condong mengurus hal domestik seperti rumah dan keperluaan suami & anak. Namun berkembangnya waktu dan zaman, peran ini mengalami pergeseran dimana istri yang seharunsya tetap dirumah mengurus suami dan anak kini harus ikut andil dalam ranah publik yakni mencari nafkah. Dalam penelitiaan ini penulis fokus dengan dua rumusan masalah yang dikaji yaitu: 1. Bagaimana peran ganda seorang istri didalam keluarga di Desa Manggis Kec. Sirampog Kab. Brebes? 2. Bagaimana relevansi peran ganda seorang istri didalam keluarga dengan tujuan perkawinan di Desa Manggis Kec. Sirampog Kab. Brebes ditinjau dari segi hukum islam?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan pendekatan induktif, menganalisa data dari khusus yang kemudian dikembangkan menjadi umum.
Hasil penelitian ini menerangkan bahwa praktik seorang istri yang turut mencari nafkah hukumnya diperbolehkan oleh Islam sebab mereka rela, mendapatkan izin dari suami, serta tidak melalaikan kewajiban utama sebagai ibu rumah tangga. Namun dengan istri turut bekerja maka akan timbul berbagai macam dampak untuk diri dan keluarganya. Relevansi tujuan perkawinan dengan istri yang turut mencari nafkah di Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes telah tercapai, hal ini terbukti dengan keharmonisan keluarga yang terus mengalami peningkatan serta meningkatnya jenjang pendidikan tingkat S1 anak-anak dari keluarga para istri yang memiliki peran ganda di Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.
Kata Kunci : Hak & kewajiban suami istri, peran ganda, dan tujuan perkawinan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.