PEMBERDAYAAN POTENSI KEBUN POLYBAG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL OUTDOOR STUDY UNTUK SISWA KELAS IV SDN 01 SUKOHARJO PATI

Yuni Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membuat kebun polybag sebagai media pembelajaran tematik
melalui model outdoor study di halaman sekolah dasar, 2) Mengimplementasikan pembelajaran
tematik dengan media kebun polybag melalui model outdoor study, 3) Menganalisis tingkat
keefektifan dari implementasi pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui model
outdoor study. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang merupakan suatu
sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok aktif
menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan
autentik. Pemberdayaan kebun polybag adalah membudidayakan tanaman di media polybag di
halaman sempit sekitar kita. Outdoor study dibatasi pada kegiatan siswa diluar kelas, mengetahui
alat dan bahan untuk membuat media polybag, siswa diajari cara membuat media polybag, cara
menanam sayuran, cara merawat, mengetahui perkembangan tanaman, mengenali bagian tumbuhan
dan fungsinya sampai pada cara memanen tanaman Penelitian ini menggunakan metode Research
and development dalam pembelajaran adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan
dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Februaru sampai Juni 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV
SDN Sukoharjo 01 Margorejo Pati. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi, angket,
dokumentasi dan tes. Keberhasilan penelitian ini terlihat dari Pemberdayaan kebun polybag
sebagai media pembelajaran dapat dibuat dengan baik yang terdiri dari berbagai sayuran tomat,
cabe, brokoli, terung dan bayam. Hasil belajar awal siswa dengan ketuntasan klasikal 35,71%
meningkat menjadi 71,43% dan akhir menjadi 92,86%. Dimana jumlah siswa yang awalnya ada 9
siswa tidak tuntas menurun tinggal 1 siswa yang tidak tuntas80% dengan nilai rata-rata 74,6. Hasil
tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran outdoor study dengan memberdayakan potensi
kebun polybag sebagai media tematik sangat efektif.

Keywords


Model outdoor study; Media Kebun Polybag; Research and Development

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.1.7-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id