Teacher professionalism development model as a pillar of elementary education quality
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Hindriana, A. F., & Arip, A. G. (2023). Pedagogic content knowledge (PCK) in teacher competence development. Community Empowerment, 8(12), 1952–1958. https://doi.org/10.31603/ce.9058
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Darling-Hammond, L., & Hyler, M. E. (2020). Preparing educators for the time of COVID… and beyond. European Journal of Teacher Education, 43(4), 457–465. I: https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1816961
Dedi, M. (2022). Peran Pgri Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 81–88. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i1.1892
Gunadi, G., & Sumarni, D. (2023). Menilai Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru: Studi Kasus di SD Cisarua. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.257
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di era digital: Tantangan dan peluang pada abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 33–41.
https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
Hakim, D. R., Rahmiwati, A., & Flora, R. (2025). Menjelajahi Dinamika Pangan di Era Perubahan Iklim Terhadap Dampak di Indonesia dan Proyeksi Masa Depan: A Systematic Review. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(3), 1703–1720. https://doi.org/10.38035/rrj.v7i3.1411
Hidayati, N. (2023). Pengaruh Prestasi Coaching, Konseling, dan Mentoring Terhadap Kinerja Guru Penggerak Angkatan II di Kabupaten Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 6(1), 43–55. https://doi.org/10.38035/ijam.v3i4.780
Ilyas, I. M. (2023). Transformasi Pengembangan Kapasitas Guru: Dari Cascade Model ke Pelatihan Berbasis Sekolah di Kota Ambon. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 16(1), 126–146. https://doi.org/10.30598/populis.18.1.126-146
Masduki, M. P., Ekawati, E., & Wahyuni, I. (2021). Hubungan Antara Karakteristik Demografi Pekerja, Beban Kerja Mental, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Burnout Pada Staff Administrasi Fkm Undip. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(6), 784–792. https://doi.org/10.14710/jkm.v9i6.31435
Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh pelatihan kompetensi tenaga pendidik pendidikan inklusif terhadap kinerja guru dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif di SMPN 30 Bandung. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 185–194. https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.28703
Nugraheni, T. V. T., & Jailani, J. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam kaitannya dengan kompetensi dan praktik pembelajaran guru matematika SMA. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 48–60. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.34601
Qulsum, D. U., & Hermanto, H. (2022). Peran guru penggerak dalam penguatan profil pelajar Pancasila sebagai ketahanan pendidikan karakter abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. http://dx.doi.org/10.22146/jkn.71741
Sari, A. N., & Sunarya, Y. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka pada jenjang SMA di Kota Depok. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 229–240. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.17931
Sinaga, D. M. (2023). Pendekatan Transformative Learning Jack Mezirow Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kelompok Lanjut Usia Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2926–2935. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11432
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Swastika, A. I., & Utami, I. W. P. (2025). Penerapan scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) kelas X DKV-2 di SMK terhadap mata pelajaran sejarah. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p68-76
Tanaamah, A. R., Wijaya, A. F., & Maylinda, S. A. (2021). Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sektor Publik: Penyelarasan Teknologi Informasi Dengan Visi Kepemimpinan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(6), 1–12. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021865379
Tripambudi, S., & Suparno, B. A. (2022). Model Komunikasi Pembelajaran Online Multidimensi Bagi Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(3), 413–431. https://doi.org/10.31315/jik.v20i3.8049
Yusuf, Y. (2024). Pendidikan yang Memerdekakan: Persepektif Freire dan Ki Hajar Dewantara. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 55–72. https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.187
Abidin, Z., Hindriana, A. F., & Arip, A. G. (2023). Pedagogic content knowledge (PCK) in teacher competence development. Community Empowerment, 8(12), 1952–1958. https://doi.org/10.31603/ce.9058
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Darling-Hammond, L., & Hyler, M. E. (2020). Preparing educators for the time of COVID… and beyond. European Journal of Teacher Education, 43(4), 457–465. I: https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1816961
Dedi, M. (2022). Peran Pgri Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 81–88. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i1.1892
Gunadi, G., & Sumarni, D. (2023). Menilai Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru: Studi Kasus di SD Cisarua. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.257
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di era digital: Tantangan dan peluang pada abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 33–41.
https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
Hakim, D. R., Rahmiwati, A., & Flora, R. (2025). Menjelajahi Dinamika Pangan di Era Perubahan Iklim Terhadap Dampak di Indonesia dan Proyeksi Masa Depan: A Systematic Review. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(3), 1703–1720. https://doi.org/10.38035/rrj.v7i3.1411
Hidayati, N. (2023). Pengaruh Prestasi Coaching, Konseling, dan Mentoring Terhadap Kinerja Guru Penggerak Angkatan II di Kabupaten Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 6(1), 43–55. https://doi.org/10.38035/ijam.v3i4.780
Ilyas, I. M. (2023). Transformasi Pengembangan Kapasitas Guru: Dari Cascade Model ke Pelatihan Berbasis Sekolah di Kota Ambon. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 16(1), 126–146. https://doi.org/10.30598/populis.18.1.126-146
Masduki, M. P., Ekawati, E., & Wahyuni, I. (2021). Hubungan Antara Karakteristik Demografi Pekerja, Beban Kerja Mental, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Burnout Pada Staff Administrasi Fkm Undip. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(6), 784–792. https://doi.org/10.14710/jkm.v9i6.31435
Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh pelatihan kompetensi tenaga pendidik pendidikan inklusif terhadap kinerja guru dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif di SMPN 30 Bandung. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 185–194. https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.28703
Nugraheni, T. V. T., & Jailani, J. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam kaitannya dengan kompetensi dan praktik pembelajaran guru matematika SMA. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 48–60. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.34601
Qulsum, D. U., & Hermanto, H. (2022). Peran guru penggerak dalam penguatan profil pelajar Pancasila sebagai ketahanan pendidikan karakter abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. http://dx.doi.org/10.22146/jkn.71741
Sari, A. N., & Sunarya, Y. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka pada jenjang SMA di Kota Depok. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 229–240. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.17931
Sinaga, D. M. (2023). Pendekatan Transformative Learning Jack Mezirow Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kelompok Lanjut Usia Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2926–2935. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11432
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Swastika, A. I., & Utami, I. W. P. (2025). Penerapan scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) kelas X DKV-2 di SMK terhadap mata pelajaran sejarah. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p68-76
Tanaamah, A. R., Wijaya, A. F., & Maylinda, S. A. (2021). Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sektor Publik: Penyelarasan Teknologi Informasi Dengan Visi Kepemimpinan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(6), 1–12. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021865379
Tripambudi, S., & Suparno, B. A. (2022). Model Komunikasi Pembelajaran Online Multidimensi Bagi Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(3), 413–431. https://doi.org/10.31315/jik.v20i3.8049
Yusuf, Y. (2024). Pendidikan yang Memerdekakan: Persepektif Freire dan Ki Hajar Dewantara. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 55–72. https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.187
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.12.2.358-374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id