Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar

Dian Andesta Bujuri, Mayang Sari, Tutut Handayani, Agra Dwi Saputra

Abstract


Penggunaan aplikasi TikTok yang saat ini marak diminati oleh rakyat Indonesia, terutama dikalangan siswa sekolah dasar, membuat banyak tanggapan negatif maupun positif dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi TikTok oleh siswa serta dampak yang ditimbulkan oleh aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, peserta didik, dan wali murid di kelas V. Data mengenai dampak penggunaan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok oleh siswa dipengaruhi oleh adanya sinyal yang memadai, ketersediaannya kuota internet yang mendukung, dan berbagai konten menarik yang tersedia di aplikasi TikTok. Penggunaan media sosial TikTok ternyata berdampak positif terhadap peserta didik seperti meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencakup adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, dan siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, penggunaan aplikasi TikTok ini juga berdampak terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik, dan menstimulus kreativitas peserta didik. Namun, Penggunaan TikTok yang berlebihan berdampak negatif terhadap gangguan kesehatan fisik dan mental bagi peserta didik.

Keywords


aplikasi TikTok, dampak media sosial, motivasi belajar

References


Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157.

Andara, S., Aisy, Z. I. R., Sutini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55893

Andri, R. M., & SP, M. P. (2017). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.

Andriani, M. W. (2021). Studi Fenomenologi Motivasi Kebutuhan Penggunaan Tik-Tok Dalam Perkembangan Kematangan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(1). https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4217

Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Aslamiyah, M. (2013). Identitas diri mahasiswa penyuka budaya Pop Korea di Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. https://doi.org/10/09410151_Inggris.pdf

Azizah, J. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen KINERJA (Ejournal), 3(1), Article 1.

Carpenter, J. P., & Harvey, S. (2019). “There’s no referee on social mediaâ€: Challenges in educator professional social media use. Teaching and Teacher Education, 86, 102904. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102904

Carpenter, J. P., Morrison, S. A., Rosenberg, J. M., & Hawthorne, K. A. (2023). Using Social Media in pre-service teacher education: The case of a program-wide twitter hashtag. Teaching and Teacher Education, 124, 104036. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104036

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Damico, N., & Krutka, D. G. (2018). Social media diaries and fasts: Educating for digital mindfulness with pre-service teachers. Teaching and Teacher Education, 73, 109–119. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.009

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1822

Falgoust, G., Winterlind, E., Moon, P., Parker, A., Zinzow, H., & Chalil Madathil, K. (2022). Applying the uses and gratifications theory to identify motivational factors behind young adult’s participation in viral social media challenges on TikTok. Human Factors in Healthcare, 2, 100014. https://doi.org/10.1016/j.hfh.2022.100014

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak: Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.http://www.journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/5

Goodyear, V. A., & Armour, K. M. (2021). Young People’s health-related learning through social media: What do teachers need to know? Teaching and Teacher Education, 102, 103340. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103340

Gulo, I. S. P. J. (2018). Hubungan antara minat belajar, cita-cita siswa, kompetensi guru, komunitas teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Sleman [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/31191/

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Handayani, F., Maharani, R. A., Desyandri, & Desyandri. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar | Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4244

Hidayah, P. S. N., Abdilah, A. I., Ubaidillah, M. T., & Adinugraha, H. H. (2022). Sosialisasi Bahaya Penggunaan Media Sosial pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 09 Wanarejan Utara. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2630

Hosen, M., Ogbeibu, S., Giridharan, B., Cham, T.-H., Lim, W. M., & Paul, J. (2021). Individual motivation and social media influence on student knowledge sharing and learning performance: Evidence from an emerging economy. Computers & Education, 172, 104262. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104262

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Jayanata. (2021). Dampak Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 Di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/8366/

Kamsinah, K. (2021). Penerapan Lingkungan Belajar yang Kondusif terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V di SDN No. 84 Pattinoang [Thesis, Universitas Megarezky]. https://osf.io/k3gt5/download

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78

Nagle, J. (2018). Twitter, cyber-violence, and the need for a critical social media literacy in teacher education: A review of the literature. Teaching and Teacher Education, 76, 86–94. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.08.014

Patahuddin, S. M., Rokhmah, S., Caffery, J., & Gunawardena, M. (2022). Professional development through social media: A comparative study on male and female teachers’ use of Facebook Groups. Teaching and Teacher Education, 114, 103700. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103700

Pebrianti, A. (2021). Tren Penggunaan TikTok Pada Kalangan Remaja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2021 FISIP UPR. Journal Sosiologi, 4(1).

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. ArRuzz Media.

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian dan Karakter (KEKAR) Peserta Didik di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Rusman, R. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. RajaGrafindo Persada.

Sahlan, S., & Sihombing, A. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/I Kelas Vb Mis Al-Hidayah. Nizhamiyah, 12(1). https://doi.org/10.30821/niz.v12i1.1487

Sardiman, S. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar. Rajawali Pers.

Seraji, F., Malmir, R., Kasani, H. A., & Abedi, H. (2023). Teacher-generated content in social media: Studying the experience of Iranian teachers. Teaching and Teacher Education, 121, 103955. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103955

Shim, J. (2023). Investigating the effectiveness of introducing virtual reality to elementary school students’ moral education. Computers & Education: X Reality, 2, 100010. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2023.100010

Shorter, P., Turner, K., & Mueller-Coyne, J. (2022). Attachment Style’s impact on loneliness and the motivations to use social media. Computers in Human Behavior Reports, 7, 100212. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2022.100212

Sitorus, F. G. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Terhadap Perilaku Anak (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Pada Remaja Di Kota Medan) [Thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4566

Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), Article 3. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3752

Umam, K., Quthny, A. Y. A., & Badruttamam, C. A. (2023). Phubbing: Suatu Degredasi Minat Belajar Siswa sebagai Dampak Media Sosial di Mi Dlauul Islam. Journal on Education, 5(3). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1666

Uno, H. B. (2013). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10). https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.451

Van Bommel, J., Randahl, A.-C., Liljekvist, Y., & Ruthven, K. (2020). Tracing teachers’ transformation of knowledge in social media. Teaching and Teacher Education, 87, 102958. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102958

Wang, X. (2021). The motivations and uses of mainstream and social media during the COVID-19 pandemic in China: A structural equation modeling approach. Computers in Human Behavior Reports, 4, 100098. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100098




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id