Visual, Auditory, Reading, Writing, and Kinesthetic learning models assisted by Augmented Reality for problem solving of elementary school students
Abstract
Keywords
References
J. Jäder, J. Lithner, and J. Sidenvall, “Mathematical problem solving in textbooks from twelve countries,” Int. J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 51, no. 7, pp. 1120–1136, 2020, doi: 10.1080/0020739X.2019.1656826.
Nurhidayah, “Implementasi Gaya Belajar Vark Dengan Media Pembelajaran Berbasis Online terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa,” J. Peqguruang Conf. Ser., vol. 3, no. November, pp. 484–489, 2021.
S. A. Kariimah, H. Susilo, U. S. Hastuti, B. Balqis, and W. O. Nurhawa, “The effect of problem-based learning using VARK approach on biology students’ creative thinking skills,” BIO-INOVED J. Biol. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 187, 2022, doi: 10.20527/bino.v4i2.13138.
N. J. Rizki et al., “Implementasi Model Vark Dalam Penguasaan Kelas Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dan masyarakat . Di era ini yang dipenuhi dengan informasi dan teknologi , pendidikan 1 . Definisi Media VARK mengakomodasi preferensi belajar siswa sesuai dengan model VARK ,” no. 1, 2024.
N. Supriadi, D. Vitona, and A. Rinaldi, “the Vark-Fleming Model and Self-Concept: Does It Affect Mathematical Concepts Understanding,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, p. 2009, 2023, doi: 10.24127/ajpm.v12i2.7532.
A. Agusriandi, “Peningkatan Matematika Melalui Model VARK-Fleming Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro Sompe,” Difer. J. Pendidik., vol. 4047, no. 2, p. 41, 2020.
A. M. Arifin, H. Pujiastuti, and R. Sudiana, “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 59–73, 2020, doi: 10.21831/jrpm.v7i1.32135.
B. Setiawan, R. Rachmadtullah, E. Sugandi, and D. A. M. Farid, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Desa Kemasantani Mojokerto,” Etos J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 72–79, 2022.
R. H. Mikkael, E. R. Yanti, H. Aulawi, P. N. Anggraeny, and D. Kurniawan, “Pelatihan Pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Augmented Reality,” J. Karya untuk Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2022.
A. Widiyatmoko et al., “Pelatihan Pemanfaatan Science Augmented Reality Model Problem Based Learning Pada MGMP Guru IPA Kota Semarang,” J. Community Empower., vol. 1, no. 2, pp. 12–18, 2021, doi: 10.15294/jce.v1i2.53415.
W. N. Hidayat, T. A. Sutikno, Patmanthara, C. D. I. Kartikasari, and A. F. Firdaus, “Peningkatan keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk Guru SMK,” J. Graha Pengabdi., vol. 1, no. 2, pp. 93–103, 2019.
D. A. Afthori, D. Kurniadi, and A. R. Atmadja, “Perancangan Media Interaktif Rumus Bangun Ruang Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” Integr. (Information Tecknology Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 9–13, 2019.
A. K. Sari, P. R. Ningsih, W. Ramansyah, A. Kurniawati, I. A. Siradjuddin, and M. K. Sophan, “Pengembangan Kompetensi Guru Smkn 1 Labang Bangkalan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Dengan Metaverse,” Panrita Abdi - J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, p. 52, 2020, doi: 10.20956/pa.v4i1.7620.
Fatimatuzzahro, M. S. Masyhud, and R. Alfarisi, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik ( MASIK ) Berbasis Augmented pada Materi Volume Bangun Ruang,” J. Ilmu Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 7–29, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24755
I. Mustaqim and N. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.
R. A. Hanan, I. Fajar, and S. A. Pramuditya, “Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar,” Pros. SNMPM II, vol. 2, no. 1, pp. 287–299, 2018.
A. Suharso, “Model pembelajaran interaktif bangun ruang 3D berbasis augmented reality,” Solusi, vol. 11, no. 24, pp. 1–11, 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proceeding of ICONTESS: International Conference on Education, Technology, and Social Sciences is published by Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia. Jl. Raya Kaligawe Km 4 Semarang 50112, Central Java, Indonesia.