Augmented Reality in Science Education: Improving Learning Outcomes with AI-Powered Media
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeyeye, O. J. (2024). Revolutionizing Learning : The Impact of Augmented Reality ( AR ) And Artificial Intelligence ( AI on Education International Journal of Research Publication and Reviews Revolutionizing Learning : The Impact of Augmented Reality ( AR ) And Artificial Inte. International Journal of Research Publication and Reviews, 5(10), 1157–1170. https://doi.org/10.55248/gengpi.5.1024.2734
Ardiansyah, A., Risnita, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Aryani, P. G., Rasiban, R., Sarimole, F. M., & Tundo, T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) dengan Algoritma Vuforia SDK pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di Madrasah Al-Aqsha (MTS). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(3), 3004–3019. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i3.998
Danti, D. R., Cahyono, B. E. H., & Tryanasari, D. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 864–871. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4512
Dwilestari, D., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis dengan Menggunakan Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3343–3350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Hariyono, H. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040–9050. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894
Haryanti, S., Lastini, F., Susanto, A. H., Widyawati, Y., & Desstya, A. (2025). Diorama Sebagai Media Interaktif Dalam Pembelajaran Siklus Air di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 237–253. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21800
Hernanda, A., & Aji, A. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(1), 245–251. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i1.1166
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20
Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Evektifitas Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19127
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166–175. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588
Lutfiah, H. (2024). Potensi dan Tantangan Implementasi Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Scidac plus: Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 1–7. https://doi.org/10.51214/bip.v4i3.1303
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Nuraeni, L., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Darwata, S. R., & Arsyad, M. (2024). Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan STEM. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3173–3178. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1519
Puspita, D., Wardana, L. A., Hattarina, S., & S, R. P. (2025). Pengembangan Media Diorama Materi Fotosintesis Berbasis Ar Meningkatkan Pemahaman Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SDN Pilang 1. Journal Educational Research and Development, 01(03), 351–363. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd
Rosyida, A., Qorinasari, D., Indriasari, P. S., Ardhiansyah, W., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2024). Literasi Sains Pada Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2493
Surtikawati, E., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas Vi Sd N 2 Girimarto. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 76. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9177
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Suwanto, N. D., & Desstya, A. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Sragen. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 262–272.
Syafriani, D., Darmana, A., Syuhada, F. A., & Sari, D. P. (2023). Buku Ajar Statistik Uji Beda Untuk Penelitian Pendidikan (Cara Dan Pengolahannya Dengan SPSS). In Cv.Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/563627-buku-ajar-statistik-uji-beda-untuk-penel-a9dc5892.pdf
Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24–35. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.26
Utama, K. W., Rahayu, M. K., Azizah, L. F., Winarti, Sitopu, J. W., & Wiliyanti, V. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajara, 7(3), 7813–7821. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29869
Wahiddiyah, N. P., Luthfia, A. N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality dalam Pembelajaran IPS Menyajikan Informasi Sejarah dengan Realitas Tambahan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 115–124. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1535
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif (W. Anita (ed.)). Tiram Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=OhTJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+berbasis+AR+dapat+meningkatkan+keterlibatan+siswa,+namun+hanya+jika+perangkat+yang+digunakan+cukup+memadai+dan+tersedia+bagi+semua+siswa.&ots=4d_LpNhpT2&sig=Rx2hLQfa5
Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proceeding of ICONTESS: International Conference on Education, Technology, and Social Sciences is published by Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia. Jl. Raya Kaligawe Km 4 Semarang 50112, Central Java, Indonesia.