Tidayu ethnic harmonization in semiotic review of face negotiations conflict styles
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnani, M. (2020). Mengapa Orang China Suka Minum Air Panas? Ini Penjelasannya... Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/23/140000565/mengapa-orang-china-suka-minum-air-panas-ini-penjelasannya-?page=all
Asyura, M. (2019). Budaya Kemponan Pada Masyarakat Melayu Pontianak (Kajian Kearifan Lokal Dalam Kehidaupan Sosial Etnik Melayu). Jurnal Sejarah Dan Budaya, 3, 101–120.
Brilio.net. (2018). 7 Minuman khas Pontianak yang bikin dahagamu hilang seketika. https://brilicious.brilio.net/minuman/7-minuman-khas-pontianak-yang-bikin-dahagamu-hilang-seketika-181130p.html
Christina. (2016). Sebuah Analisis Semiotik Logo Koko Cici Indonesia (Penguatan Identitas Dalam Koko Cici). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 10(2), 241–270.
Destiana, M. (2019). Tidayu: Tarian Persatuan Suku di Kalbar. Good News From Indonesia (GNFI). https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/09/03/tidayu-tarian-persatuan-suku-di-kalbar
Exsanti, Q. C. (2019). Pemanfaatan Daun Kesum dan Ubi Ungu Sebagai Pengganti Daging Pada Kue Choi Pan [Universitas Telkom]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/154700/bab1/pemanfaatan-daun-kesum-dan-ubi-ungu-sebagai-bahan-pengganti-daging-pada-kue-choi-pan.pdf
Fletcher, C. V., Nakazawa, M., Chen, Y. W., Oetzel, J. G., Ting-Toomey, S., Chang, S. J., & Zhang, Q. (2014). Establishing Cross-Cultural Measurement Equivalence of Scales Associated with Face-Negotiation Theory: A Critical Issue in Cross-Cultural Comparisons. Journal of International and Intercultural Communication, 7(2), 148–169. https://doi.org/10.1080/17513057.2014.898364
Hasanah, H., In, C., Rembang, L., & Tionghoa, E. (2014). Perayaan Imlek Etnis Tionghoa : Menakar Implikasi Psiko-Sosiologis Perayaan Imlek bagi Komunitas Muslim di Lasem Rembang A . Pendahuluan Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki ragam kekayaan dalam aspek budaya . Betapa tidak , secara. 8(1), 1–22.
Hidayat, D. (2014). Social and Cultural Identity Pendekatan Face Negotation Theory dan Public Relations Multikulturalism Negara Jerman-China dan Indonesia. Jurnal ASPIKOM, 2(2), 115. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i2.64
Intan, G. (2019). Peran Penting Perempuan Tegakkan Perdamaian Dunia. https://www.voaindonesia.com/a/peran-penting-perempuan-tegakkan-perdamaian-dunia/4866661.html
Januarti, J., & Wempi, J. A. (2019). Makna Tenun Ikat Dayak Sintang Ditinjau Dari Teori Semiotika Sosial Theo Van Leeuwen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(01), 073. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1743
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). WARISAN BUDAYA TAK BENDA (WBTB) INDONESIA. Kantor Wakil Republik Indonesia (KWRI) UNESCO. http://kwriu.kemdikbud.go.id/info-budaya-indonesia/warisan-budaya-tak-benda-indonesia/
Merry, & Rianto. (2020). Potensi Perhelatan Budaya Cap Go Meh Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata di Indonesia (Studi Kasus Perhelatan Budaya Cap Go Meh di Kota Singkawang). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 6, 1–55. https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata/article/view/2031/1661
Moningka, C., Owena, A., & Herlita. (2020). Adaptasi Skala Identitas Etnis: Studi Pada Etnis Jawa dan Etnis Tionghoa di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke 3, 6. file:///C:/Users/user/Downloads/6919-20427-1-SM.pdf
Moriizumi, S., & Takai, J. (2013). Face Concerns in Interpersonal Conflict: Elaborating on Face Negotiation Theory. The Japanese Journal of Language in Society, 15(2), 46–57.
Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654
Oetzel, J. G., & Ting-Toomey, S. (2003). Face Concerns in Interpersonal Conflict: A Cross-Cultural Empirical Test of the Face Negotiation Theory. Communication Research, 30(6), 599–624. https://doi.org/10.1177/0093650203257841
Pandhini, A. (2017). Pengembangan Automatic Emotional Regulation Berbasis Buku Panduan Pintar Mengolah Emosi Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Seorang Remaja Dalam Keluarga [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/15065/4/Bab 2.pdf
Ramadhan, D. (2017). UPAYA DOMINASI ORANG DAYAK: Politik Identitas dalam Dinamika Politik Lokal di Kalimantan Barat. https://populicenter.org/upaya-dominasi-orang-dayak-politik-identitas-dalam-dinamika-politik-lokal-di-kalimantan-barat/
Sari, E. N., & Samsuri, S. (2020). Etnosentrisme dan Sikap Intoleran Pendatang Terhadap Orang Papua. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 142. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p142-150.2020
Suprapto, W. (2018). Relokasi Masyarakat Madura di Singkawang Sebagai Bagian Dari Proses Resolusi Pasca Konflik Etnisitas di Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(September), 33–40.
Susilawati, D. (2017). Tenun Ikat Dayak, Warisan Leluhur Penuh Makna. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/oy9nat328/tenun-ikat-dayak-warisan-leluhur-penuh-makna
Sya, M., Marta, R. F., & Sadono, T. P. (2019). Tinjauan Historitas Simbol Harmonisasi Antaretnis Tionghoa dan Melayu di Bangka Belitung. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 4(2), 153–168. https://doi.org/10.14710/jscl.v4i2.23517
Walsh, S. L., Gregory, E., Lake, Y., & Gunawardena, C. N. (2003). Self-Construal, Facework, and Conflict Style Among Cultures in Online Learning Environments. ETR&D, 51(4), 113–121.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Peningkatan Rasa Kesadaran Bahaya Minuman Keras dengan Pendekatan Eksperimen Melalui PPL-KKM di SDN 11 Bora Desa Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i1.425
Zakiyah. (2017). Cendekiawan Muslim Dan Wacana Konflik. Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 1(2), 191–213.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/e.6.2.369-382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Author(s)
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/