Islamic Boarding School Marketing Strategy to Increase New Student Admissions

Nasrullah Nasrullah, Mulyana Mulyana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Musthafawiyah. Pondok Pesantren Hidayatul Musthafawiyah merupakan salah satu Pondok Pesantren Salafiyah/Kitab Kuning yang berada di Kabupaten Muara-Bungo, Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-Studi Kasus dengan Analisi SWOT, digunakan untuk mengukur Kekuatan, Kelamahan, Peluang serta Ancaman yang akan dihadapi oleh Pesantren Hidayatul Musthafawiyah. Data didapatkan dengan melakukan Observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pondok Pesantren berada di tempat yang cukup strategis, Pesantren Salafiyah/kitab kuning yang memiliki pendidikan formal, namun pesantren tersebut memiliki kelemahan pada aspek teknologi dan manajemen, peluang bagi pesantren tersebut berasal dari tradisi masyarakat yang kuat dalam menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan agama, sedangkan ancamannya adalah dari para pesaing, seperti pondok pesantren yang ada di sekitar pesantren tersebut, pesantren modern termasuk sekolah umum, ancaman lainnya adalah dengan adanya pengaruh negatif teknologi, media sosial dan judi online bagi remaja saat in yang menyebabkan ketergantungan mereka terhadap hal tersebut.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma‟ruf, (2016). Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Adhitya, Fajar. (2018). The Marketing Strategy of the Product with Sensual Marketing. International Journal of Islamic Businessand Economics. ISSN: 2599-3216EISSN:2615-420X.

Akmalia & dkk, (2022). Strategi Humas Dalam Upaya Peningkatan Citra Sekolah. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Jurnal manajemen Pendidikan Islam.

Alma, Buchari. (2003). Pemasaran strategik dan jasa Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Amirullah, (2015). Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ariwibowo, Eko, Muhamad. (2019). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta, Scientific Journal of Reflection : Economic, accounting, Management and Business. No.2. Vol. 2.

Bogdan, C, Robert & Biklen, Knopp, Sari. (1998). Qualitative Reserch for Education Boston: Allyn and Bacon, Inc, ha. Cabyova, Ludmila. & Krajcovic,

Djamarah, Bahri, Syaiful (2006). Strategi Belajar Mengajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faizin, Imam. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah”. Jurnal Madaniyah, Vol. 7 No.

Fathonah, Kuni. (2016). “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan di MAN 1 Sragen”, Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Furchan, Arief. (2004). Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Gama Media.

Halim, Abdul. (2020). Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ibrah/vol. 5; No. 1

Hariadi, Bambang. (2005). Strategi Manajemen. Malang. Bayumedia Publishing.

Hidayat, Ara dan Machali, Imam. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasidalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Penerbit Kaukaba.

http://etheses.uin- malang.ac.id

Hurriyanti, Ratih, (2019). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung Alfabeta.

Irman, Afandi. (2021). Manajemen Humas Dalam Membagun Citra Sekolah.

Kotler dan Keller, (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi dan Hamdani, (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta

Machali, Imam. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah dalam Antologi Kependidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Moleong, Lexy, J. (2001). Metode penelitian Kulitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muhaimin, Suti’ah & Prabowo. (2010). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta. Kencana Prenada Media.

Mukaromah, Uliyatul. (2022). Pemasaran Jasaa Pendidikan dalam meningkatkan brand image di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo”, Journal Excelencia of Islamic Education & Managemen, Vol 2, No 2.

Munir, M. (2016). Manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik”, Jurnal manajemen pendidikan Islam : STAI Darussalam Krempyang , Nganjuk, Vol. 1 . No. 2.

Nyoman, Gusti. 2017. Analisis Swot Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada UD. Kacang Sari di Desa Tamblang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 No.2

Orr, B. (2013). Conducting a S.W.O.T. analysis for program Improvement. US-China Education Review A, 3(6).

Pearce Robinson, Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/deed.en


Jurnal SAMaJ Indexed by :

google_scholar onesearch garuda crosref onesearch  sinta scopus