Strategies to Increase Interest in Entering the Syaikh Abdurrahman Siddik State Islamic Institute of Bangka Belitung

Nurholis Nurholis, Mulyana Mulyana

Abstract


Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai satu-satunya PTKIN di lingkup provinsi, sudah seharusnya menjadi tujuan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Namun, tantangan bagi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik adalah menurunnya minat calon mahasiswa beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan analisis Strength, Weakness, Oportunity dan Thread (SWOT) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui data internal, wawancara dengan pihak internal IAIN SAS Bangka Belitung mulai dari satuan pengamanan sampai pada level pimpinan, dan pihak eksternal lingkungan sekitar kampus, alumni dan calon mahasiswa dari beberapa SMA sederajat di kelas 12. strategi promosi yang diterapkan oleh institusi hingga saat ini dinilai masih belum optimal. Kegiatan promosi yang dilakukan masih bersifat konvensional dan belum menyentuh media serta saluran promosi modern yang lebih efektif menjangkau generasi muda, seperti media sosial, konten digital, dan platform komunikasi berbasis internet. Minimnya anggaran dan belum adanya tim khusus yang menangani promosi secara profesional turut memperburuk situasi ini.

Full Text:

PDF

References


Septiani, Sisca dkk. 2024. Pengembangan Kurikulum: Teori, Model, dan Praktik. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Abdullah, dkk. 2024. Strategi Promosi Kampus dalam Meningkatkan Minat Calon

Mahasiswa Baru. Economist, Vol. 1, No. 4, 2024 hal. 74 – 80. (Akses tanggal 14 Maret 2025)

Elimar, Tara, dkk. 2024. Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 1/Mei 2024, p. 176-185.

Izulhaq, Teuku Islamul dan El Adawiyah, Sadiyah. Strategi Humas Politeknik Kesehatan Palu Dalam Menarik Calon Mahasiswa Baru. Journal of Social Humanities and Education, Vol.3, No.1 Maret 2024.

Nisa, Alfiatin. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. II No. 1 Maret 2015. (Akses tanggal 26 Maret 2025)

Muhammad Wahyu Ilhami, dkk. 2024. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian

Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei 2024, 10 (9), 462-469. (Akses tanggal 15 April 2025)

Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. Disampaikan pada mata kuliah Metode Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Januari 2017.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nanik Sariyani. Studi kasus dalam BK. Diambil dari http://naniksaryani.blogspot.com/2012/04/studi dalam-bk.html

Andarusni Alfansyur, Mariyani. 2020. Seni mengelola data: Penerapan triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah.

Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.

Kotler, P., & Fox, K. F. A. (1995). Strategic Marketing for Educational Institutions. Prentice Hall.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Suyanto & A. Jihad. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Praktik. Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/deed.en


Jurnal SAMaJ Indexed by :

google_scholar onesearch garuda crosref onesearch  sinta scopus