MODEL OUTDOOR STUDY DENGAN MEMBERDAYAKAN POTENSI KEBUN POLYBAG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV

Sari Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membuat kebun polybag sebagai media pembelajaran
tematik melalui model outdoor study di halaman sekolah dasar, 2) Mengimplementasikan
pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui model outdoor study, 3) Menganalisis
tingkat keefektifan dari implementasi pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui
model outdoor study. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang merupakan
suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok
aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna,
dan autentik. Pemberdayaan kebun polybag adalah membudidayakan tanaman di media
polybag di halaman sempit sekitar kita. Outdoor study dibatasi pada kegiatan siswa diluar kelas,
mengetahui alat dan bahan untuk membuat media polybag, siswa diajari cara membuat media
polybag, cara menanam sayuran, cara merawat, mengetahui perkembangan tanaman, mengenali
bagian tumbuhan dan fungsinya sampai pada cara memanen tanaman. Penelitian ini menggunakan
metode Research and development dalam pembelajaran adalah proses yang digunakan untuk
mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februaru sampai Juni 2015. Subyek penelitian adalah siswa
kelas IV SDN Sukoharjo 01 Margorejo Pati. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi,
angket, dokumentasi dan tes. Keberhasilan penelitian ini terlihat dari Pemberdayaan kebun polybag
sebagai media pembelajaran dapat dibuat dengan baik yang terdiri dari berbagai sayuran tomat,
cabe, brokoli, terung dan bayam. Hasil belajar awal siswa dengan ketuntasan klasikal 35,71%
meningkat menjadi 71,43% dan akhir menjadi 92,86%. Dimana jumlah siswa yang awalnya ada 9
siswa tidak tuntas menurun tinggal 1 siswa yang tidak tuntas80% dengan nilai rata-rata 74,6. Hasil
tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran outdoor study dengan memberdayakan potensi
kebun polybag sebagai media tematik sangat efektif.

Keywords


Model outdoor study; Media Kebun Polybag; Research and Development

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.2.93-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id