Value Clarification Technique sebagai Strategi Penyadaran Diri Mahasiswa untuk Tidak Menggosip dan Bijak dalam Gunakan Jejaring Sosial

Sri Harmianto

Abstract


Pembelajaran VCT Value Clarification Technique (Teknik Mengklarifikasi Nilai) memiliki keunggulan untuk mengungkap nilai diri yang telah dimiliki mahasiswa dan dapat untuk menanamkan karakter jujur, bersahabat/komunikatif dan tanggungjawab serta nilai-nilai yang sesuai dengan tatanan norma agama. Pembelajaran VCT ini dilaksanakan dengan memberikan cerita kasus selanjutnya mahasiswa diminta mengisi matrik yang berisikan butir-butir pernyataan yang kontroversial terkait kebiasaan mahasiswa menggosip dari mulut ke mulut maupun melalui jejaring sosial. Dengan menggunakan higher question digali dan diklarifikasi jawaban mahasiswa tersebut, sekaligus ditanamkan karakter dan nilai yang baku.

Keywords


VCT (Teknik Mengklarifikasi Nilai); Gosip; Jejaring sosial

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.182-188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id