Group investigation berbasis ethnomatematika berbantuan augmented realty terhadap pemecahan masalah matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abi, A. M., & Gella, N. J. M. (2019). Pengembangan Silabus, RPP dan LKS Materi Geometri Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Karakter. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3347
Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Brandt, A., & Chernoff, E. (2014). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitra, 1(1), 1–8.
Hiasa, F. (2021). Implementation of Collaborative Learning Model Group Investigation Type in Appreciation Prose Fiction Subject. 4rd English Language and Literature International Conference, 4, 57–63.
Jahnke, H. N. (2019). Traditions in German-Speaking Mathematics Education.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Marten, R., Asfar, A., Asfar, A., Hujemiati, H., & Aswan, A. (2019). Integrasi Etnomatematika Melalui Budaya Singkeru Agara Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 2019, 209–214. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/1942/1785
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573
Prasetyo Kurniawan, A., Choirul Anam, A., Abdussakir, A., & Rofiki, I. (2019). Integrasi Etnomatematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Melatih Komunikasi Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a1
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method) (3rd ed.). Alfabeta.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Penerbit Yrama Widya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.1.24-35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id