Group investigation berbasis ethnomatematika berbantuan augmented realty terhadap pemecahan masalah matematika

Mohamad Hariyono, Sri Sumiyati, Aini Indriasih

Abstract


Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika memiliki kepentingan yang lebih sebagai syarat siswa untuk dapat mempelajari materi secara konsisten. Pemecahan masalah matematika ini lalu diuraikan dengan mempresentasikan konsep yang mereka terima dengan meningkatkan aktivitas dalam belajar dan menyelesaikan soal latihan. Group Investigation (GI) sebagai model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dan partisipasi siswa dimana siswa dilibatkan dalam perencanaan. Ethnomatematika sebagai pendekatan yang mengaplikasikan matematika dalam budaya sedangkan augmented reality (AR) sebagai salah satu kemajuan teknologi. Perpaduan Ethnomatematika dan AR menjadi pertimbangan untuk diaplikasikan dalam GI yang nantinya diharapkan dapat melatih pemecahan masalah siswa menjadi lebih baik. Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran dengan model GI berbasis ethnomatematika berbantuan AR dapat mencapai KKM dan untuk mengetahui perbedaan pemecahan masalah matematika antara sebelum dan setelah diterapkan GI Berbasis Ethnomatematika dan Berbantuan AR. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan teknik analisis data paired sample t tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model GI berbasis etnomatematika terhadap pemecahan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 2 Tlogowungu. Pembelajaran dengan menggunakan model GI berbasis etnomatematika berbantuan AR dapat membantu siswa mencapai KKM.

Keywords


pemecahan masalah matematika, group investigation, ethnomatematika, augmented reality

References


Abi, A. M., & Gella, N. J. M. (2019). Pengembangan Silabus, RPP dan LKS Materi Geometri Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Karakter. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3347

Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Brandt, A., & Chernoff, E. (2014). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitra, 1(1), 1–8.

Hiasa, F. (2021). Implementation of Collaborative Learning Model Group Investigation Type in Appreciation Prose Fiction Subject. 4rd English Language and Literature International Conference, 4, 57–63.

Jahnke, H. N. (2019). Traditions in German-Speaking Mathematics Education.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107

Marten, R., Asfar, A., Asfar, A., Hujemiati, H., & Aswan, A. (2019). Integrasi Etnomatematika Melalui Budaya Singkeru Agara Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 2019, 209–214. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/1942/1785

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573

Prasetyo Kurniawan, A., Choirul Anam, A., Abdussakir, A., & Rofiki, I. (2019). Integrasi Etnomatematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Melatih Komunikasi Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a1

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method) (3rd ed.). Alfabeta.

Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Penerbit Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.1.24-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id