Mathematics Teacher Management Strategy in Improving the Effectiveness of Mathematics Learning Based on The Independent Curriculum in SMP Negeri 29 and 106 Central Maluku
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Journals:
Al Azhar. (2021). Efektivitas Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 59–78. https://doi.org/10.52316/jap.v17i1.66
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 435–446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399
Azvirahmi, A. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kemampuan Manajemen Kelas dalam Pelaksanaan Tugas Guru MIN Kota Padang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4763–4770. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1488
Darmawan, G., & Pujiastuti, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Menengah Atas. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(4), 244–248.
Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7
Hadi, I., Putri, H., & Mulianingsih, M. (2020). Upaya Pencapaian Angka Kelulusan Uji Kompetensi Profesi Ners Melalui Pendekatan Metode Peer-Teaching. Jurnal KepemimpinanDanManajemen Keperawatan, 3(1),1. https://doi.org/10.32584/jkmk.v3i1.432
Harefa, E., & Harefa, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dan Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP di Kecamatan Gunungsitoli. Jurnal Suluh Pendidikan, https://doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7553
Ira Restu Kurnia, Putra, M., Barokah, A., & Umah, R. N. (2023). Pengenalan Manajemen Kelas Dalam Upaya Efektifitas Pembelajaran. Lentera Pengabdian, 1(03), 354–360. https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.116
Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Kumening, A. S., Ramadhani, L., & Putranto, S. (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Smp Swasta Pedesaan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 133–140. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.825
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912– 5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Merdeka Belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771.
Mudarris, B., & Rizal, M. S. (2023). Manajemen Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Karyawan di SMA Nurul Jadid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10265–10271. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3406
Muthma’innah, M. (2023). Urgensi Pemikiran Filsafat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 157.
Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2801–2814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5877
Saputra, E. (2018). Melihat Motivasi Belajar Matematika Siswa Dari Kompetensi Guru Selama Pembelajaran. Jurnal As-Salam, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i2.34
Sukirman, S., & Dewi, T. ratna. (2021). Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 66–72. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031
Syafa’ah, F. N., Sutiawan, I., Mutmainah, & Rizki, K. F. (2023). Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MAN 2 Pangandaran. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i2.234
Syafi’i, A., Saied, M., & Rohman Hakim, A. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1905–1912. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.237
Wulandari, I., & Suhardi, E. (2020). 1940-4822-1-Sm. 08(1), 7–12.
Zuhriyah, I. A., Padil, M., & Rabbani, I. (2023). Optimalisasi manajemen pembelajaran dalam keberhasilan kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 32–42. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20963
Zulqaidah, Lubis, M. B., Nabila Zulfa, Marsyeli, Muharil, & Nasution, I. (2023). Strategi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Islamic Education, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.922
Books:
Dacholfany, M. I. (n.d.). REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI: Sebuah Tantangan dan Harapan.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Permendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. Basic Books.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. ASCD.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jrbi.v22i2.49017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/deed.en
Jurnal JRBI Indexed by :