The Role of Service Quality in Bank Indonesia Customer Satisfaction
Abstract
Research results: 1) Tangibles have a positive and significant effect on customer satisfaction when exchanging new currency during Eid al-Fitr. This means that tangibles are not only about physical appearance, but also about how the facilities and equipment provided by Bank Indonesia can provide a positive and satisfying experience for customers exchanging Eid al-Fitr currency. 2) Reliability has a positive and significant effect on customer satisfaction when exchanging new currency during Eid al-Fitr. This means that Bank Indonesia's ability to provide accurate, timely, and consistent service (such as receiving currency on request) directly meets customer expectations and increases the level of satisfaction of customers exchanging Eid al-Fitr currency. 3) Reliability has a positive and significant effect on public satisfaction in exchanging new money on Eid al-Fitr, this means that the process of exchanging Eid al-Fitr money which is carried out efficiently and quickly will make people satisfied and tend to exchange Eid al-Fitr money again in the following year.
Full Text:
PDFReferences
Journals:
Harmelina.2015. “Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Atas Pelayanan PadaPT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pekanbaru”.Jurnal Manajemen dan Bisnis.
A. Meilani and D. Sugiarti, “Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 8, no. 03, pp. 2501–2510, 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i3.6586.
Febriana, “Analisis Kualitas Pelayana Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.” AN-NISBAH, Vol. 03, No. 01, Oktober 2016
E. Sutinah dan O. R. Simamora, “Metode Fuzzy Servqual dalam Mengukur Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan”, J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 90–101, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i1.2944.
Wati dan D. Riana, “Metode Fuzzy Service Quality (Servqual) untuk Pengukuran Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Siakad Online”, J. Masy. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 20–31, 2017.
Ray dan Lukmandono, “Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Menggunakan Metode Servqual dan TRIZ (Studi Kasus: Cafe Giri Hills Di Kota Gresik)”, Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VIII 2020, pp. 223–230, 2020.
Denis Lora. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dapur 21. Jurnal Gema Aktualita 1(1): 69. Universitas Pelita Harapan. Surabaya.
Akmalia, Ifki. 2015. “Analisis Kepuasan Nasabah Atas Dimensi Kualitas Pelayanan Bank Syariah Mandiri Malang”.Jurnal Manajemen Bisnis.
Pelayanan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Ngesrep Semarang”. Journal of Social and Politic, Business Administration.
Harmelina.2015. “Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Atas Pelayanan PadaPT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pekanbaru”.Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Kartu Kredit Everyday Bank Mandiri Di Jakarta”. Journal of Business Strategy and Execution.Vol. 1 No.2 June 2009.
Rafidah, & Lasika, M. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 58-78.
Robustin, T. P. (2018). Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Produk Sophie Paris Di Kecamatan Kaliwates Jember. Global, 57-64. Suharyadi, D. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Yoehan Wanaherang Bogor. Jurnal ilmu pengetahuan dan komputer, 289-296.
Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Persebaya Store Gresik. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 62- 67.
Aprilya, Viona. 2023. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J.CO Cabang Padang. Jurnal Manajemen, Vol.2, h. 1-9.
Hermawan, Wawan., Budiman, Dedi., Hutagao, Parulian. 2016. Pengaruh Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pendaftaran Tanah Pertama Kali Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Jur. Ilm. Kel. & Kons, Vol. 9, h. 65-75.
Putra, Ezra Januar dan Wardhana, Aditya. 2016. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan PT. Pln (Persero) (Studi Pada Pelanggan PT. PLN (Persero) Di Tanjung Karang, Bandar Lampung). e-Proceeding of Management, Vol.3, h. 1924-1931.
Putri, Yulia Larasati dan Utomo, Hardi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, Vol.10, h. 70-90.
Sarie, Rena Febrita. 2018. Pengaruh Pengaruh Keberagaman Produk, Persepsi Harga, Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Hypermartket Pakuwon Supermall Di Surabaya. Jurnal Relasi, Vol. XIV, h. 149-169.
Musqari, Nurul dan Huda, Nurul. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Variabel Kepuasan pada Lembaga Amil Zakat (Studi pada Baituzzakah Pertamina Kantor Pusat). Perisai, Vol. 2, h. 34-53.
Nilasari, Eswika & Istiatin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma, Vol. 13, h. 1-12.
Books:
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuhan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumberdaya Manusia, Edisi Revisi.Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono Fandi, (2015) Pemasaran Jasa, Yogyakarta:BPFE.
Tobari, (2019) Evaluasi Soal-Soal Penerimaan Pegawai Baru, (Yogyakarta, Deepublis.
Yusuf Baharuddin, (2020) Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Agung Suprojo. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Pembayaran Rekening Listrik. Jurnal Reformasi 2(2): 96. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.
Yusuf Qardhawi, (2023) Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta, GIP.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Marzuki. 2000. Metodologi Riset Yogyakarta : PT. Prasetya Widia Pratama.
Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Huesein. 2003. Metode Riset Akuntansi Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ashiva, DitaLaila. 2015. “Analisis Tingkat KepuasanNasabah Tabungan Simpedes Atas Kualitas
Imawan, Zera. 2009. “Analisa Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Jasa Pada Pemegang
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/deed.en
Jurnal IAPJ Indexed by :