UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI GROWONG KIDUL 02 JUWANA

Jani Sumito

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa
kelas V SDN Growong Kidul 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Faktor penyebab rendahnya
hasil belajar dikarenakan siswa kurang memperhatikan penjelasaan guru, masih banyak siswa yang
kurang memperhatikan pelajaran. Tidak tepatnya penggunaan model pembelajaran serta media
pembelajaran dengan materi pokok yang diajarkan dalam pembelajaran, siswa kurang aktif terlibat
dalam kegiatan pembelajaran baik fisik maupun emosional. Berdasarkan latar belakang tersebut
dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah melalui model pembelajaran Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Growong Kidul 02 Semester Ganjil Tahun
Ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V
SD Negeri Growong Kidul 02 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan langkah perencanaan,
tindakan dan observasi, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V SD Negeri Growong Kidul 02 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13
siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan dengan karakteristik yang heterogen. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil
belajar berupa nilai tes dan data hasil observasi yang terdiri dari data observasi terhadap aktivitas
guru, dan aktivitas siswa. Kemudian peneliti melakukan teknik analisis deskriptif komparatif
yakni dengan membandingkan data yang diperoleh selama prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan ini ditunjukkan oleh rerata hasil tes siswa
pada kondisi awal adalah 61 dengan tingkat ketuntasan klasikal 42,85% menjadi 74 nilai reratanya
dengan ketuntasan klasikal 71,43% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan nilai rerata
83 dengan tingkat ketuntasan klasikal 92,86%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
IPS siswa kelas V SDN G

Keywords


Hasil Belajar IPS; Model Pembelajaran Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.2.85-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id