ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN

linda indiyarti putri

Abstract


Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Hal ini menjadi masalah mendasar yang berdampak langsung pada prestasi akademik siswa. Berhasil tidaknya kesuksesan seorang siswa tidak semata-mata bergantung pada kecerdasan kognitif saja, tetapi juga dipengaruhi oleh dimensi kepribadian mereka. Penelitian lapangan kualitatif ini mengambil fokus penelitian mencari pola bagaimana kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik MI Yasua Pilangwetan Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Tujuannya adalah mencari dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika meliputi tipe kepribadian: (1) Artisan; (2) Guardian; (3) Idealist; (4) Rational. Hasil analisis menyatakan bahwa subjek dengan tipe kepribadian Rational yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika lebih tinggi dari tipe kepribadian yang lain karena Rational memenuhi keempat aspek kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika.

References


Albar, Wakhid Fitri, Tingkat Berpikir Kritis Matematika siswa SMP kelas VII ditinjau dari Tipe Kepribadian dalam Setting Problem Based Kearning, Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 2015.

Ali, Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Semarang: PKPI2 Universitas Wahid Hasyim, 2012.

Keirsey, David, Please Understand Me II, United States of America: Prometheus Nemesis Book Company, 1998.

Siswono, Tatang Yuli Eko, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Jurnal FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Tahun X, No. 1, (Juni 2005).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasiuonal, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Wijaya, Linda, Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.68-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung. Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id