KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN KEDUNGBANTENG 01 KABUPATEN TEGAL

Sofri Ulumudin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar IPS materi perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V semester II di SDN Kedungbanteng 01 Kabupaten Tegal. Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar siswa aspek kognitif menunjukkan bahwa = 8,27 dan = 1,72. Karena > berarti penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada mata pelajaran IPS untuk kelas V SDN Kedungbanteng 01 Kabupaten Tegal.  Rata-rata nilai pretest siswa adalah 45,96. Rata-rata nilai posttest 74,52. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 65. Kesimpulanya bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


keefektifan, model pembelajaran Student Team Achievement Division, hasil belajar

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cecep & Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dimyati. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah dan Aswan. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, M. 2015. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Ngalimun. 2016. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Semarang: Koordinator MPK-PKn IKIP PGRI Semarang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tukiran dkk. 2014. Model-model Pembelajaran Inovativ dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Widyaningrum, D. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantu Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang”. Skripsi. Semarang. Universitas PGRI Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.1.11-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id