Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Riset Bisnis Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Riset Bisnis Indonesia (JRBI) diterbitkan oleh Program Pascasarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) secara berkala (setiap enam bulan). Tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan hasil riset bidang manajemen yang meliputi: Manajemen SDM, Majemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Operasional. Penentuan artikel yang dimuat dalam JRBI melalui proses blind review oleh para Dewan Penyunting yang telah ditunjuk oleh JRBI dengan mempertimbangkan antara lain: relevansi artikel terhadap pengembangan profesi dan praktek akuntansi serta terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal. Dewan Penyunting bertanggungjawab untuk memberikan masukan yang konstruktif dan hasil evaluasi kepada penulis artikel dan penulis artikel wajib melakukan perbaikan atas masukan-masukan dari Dewan Penyunting.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang dikirimkan di Jurnal Riset Bisnis Indonesia (JRBI) belum pernah diterbitkan dimanapun
  2. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Judul tanpa identitas penulis, Abstract, Pendahuluan, Telaah Literatur dan Pengembangan Hipotesis, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan (di dalamnya termasuk keterbatasan penelitian dan future risearch), Daftar Referensi.
  3. Artikel diketik dengan huruf Time New Roman ukuran 12 point dengan jarak baris dua pada kertas A4, kecuali untuk kutipan langsung yang lebih dari 4 baris diketik dengan jarak baris satu dan
    dengan indented style.
  4. Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan 1 inchi. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan dengan panjang artikel berkisar 15-25 halaman.
  5. Untuk memastikan blind review, penulis tidak mengidentifikasikan dirinya secara langsung di dalam artikel. Halaman muka (cover page) setidaknya menyebutkan judul artikel, identitas penulis, dan catatan yang mengindikasikan apakah penulis bersedia membagi akses terhadap data yang dikumpulkannya.
  6. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman. Abstrak berisi ringkasan atas tujuan artikel, metode dan simpulan artikel dengan jumlah kata 100-200 yang ditulis dalam bahasa Inggris dan diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  7. Tabel , Gambar dan Grafik:

    1. Tabel, gambar dan grafik disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam lampiran.

    2. Tabel, gambar dan grafik diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari table, gambar, dan grafik

    3. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel, gambar dan grafik


    4. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.


    5. Sumber table, gambar, dan grafik harus disertakan.


    6. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak

  8. Kutipan:
    Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.
    1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono 2000); lebih dari tiga penulis: (Budiono et al. 1999); lebih dari satu sumber kutipan
    dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah 2001; Kusumawati 1999); lebih dari satu sumber
    kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman 1998, 2000).
    2. Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell 1981, 845).
    3. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b, .. setelah tahun. Contoh: (Joni 1999a, 1999b) atau (Joni 1999a, Daud 2000b).
    4. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan.
    Contoh: “Alamsyah (1998) menyatakan ....”
    5. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI 1994).
  9. Referensi:Setiap artikel harus memuat daftar referensi (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:

    1. Buku
    Satu Penulis:
    Bringham, Eugene F. Fundamental of Financial Management 6th . Fort Wort: The Dryden Press,1992.
    Dua Penulis:
    Cooper, D.R and P. S. Schindler. Business Research Method. New York: Mc Graw Hill, 2001
    Tiga Penulis atau lebih:
    Booth, Wayne C., Gregory G. Colomb, and Joseph M. Williams. The Craft of Research. Chicago: University of Chicago Press, 1995.
    Penulis Institusi:
    Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI, 2004.


    2. Jurnal
    Gumanti, T.A. “Earnings Management dalam Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Jakarta.”Jurnal Riset Akuntansi Indonesia 4, no.2 (2001): 165-183.
    Geiger, M.A., and S.M. Ogilby. “ The First Course in Accounting: Students Perceptions and their Effect on the Decision to Major in Accounting.” Journal of Accounting Education 18 (2000): 63-78.

    3. Website
    Antoine Talarmin et al. “Risk Factors for Marburg Hemorrhagic Fever, Democratic Republic of the Congo.” Emerging Infectious Diseases 9, no. 12 (December 2003), http://www.cdc.gov/ncidod/eid/vol9no12/03-0355. htm (December 9, 2003).

    4. Workshop/Seminar
    Kuroda, S-Y. “Whether We Agree or Not: A Comparative Syntax of English and Japanese.” In Papers from the Second International Workshop on Japanese Syntax, edited by William
    J. Poser, 103-43. Stanford,CA: CSLI, 1988.

    5. Tesis/Disertasi
    Utama, Siddharta.”The Association between Institutional Ownership and Trading Volume Reaction to Annual Earnings Announcements.” Ph.D dissertation, Texas A&M University, 1996.

    6. Catatan Kaki
    Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan/analisis tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript.
    Teks dari catatan kaki diketik dengan jarak baris dua dan ditempatkan pada akhir artikel.

    7. Kebijakan Reproduksi
    Artikel yang telah dipublikasi di JAI menjadi hak cipta Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unissula.
    Untuk tujuan edukatif, isi dari JAI dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari JAKI untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

    8. Kebijakan atas Ketersediaan Data
    Konsisten dengan tujuan dari JAI, penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut.

 

Copyright Notice


 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)