Inclusive Education From The Perspective of The Quran in Building Social Equality: A Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, V. I. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan Inklusi Perspektif Al Quran. , State Islamic University Sunan Kalijaga, Yogyakarta (5), 311-318. http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyahconference/index.php/aciece/aciece2
Andriyan, A., Hendriani, W., & Paramita, P. P. (2023). Pendidikan inklusi: Tantangan dan strategi implementasinya. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 5(2), 94. https://doi.org/10.26555/jptp.v5i2.25076
Daimah, D. (2018). Pendidikan Inklusif Perspektif QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1837
Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, & Judiasih, S. D. (2022). Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Beberapa Aspek Kehidupan Bermasyarakat Di Indonesia. Acta Diurnal Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan dan ke-PPAT-an, 5(2). https://doi.org/10.23920/acta.v5i2.904
Hami, W. (2021). Pendidikan Dan Pengajaran Dalam Al-Qur’an: Analisis Semantik Toshihiko Izutsu. Jurnal Madaniyah, 11 (2). 2086-3462
Heriyudanta, M. (2023). Internalisasi Nilai-nilai Islam Moderat dalam Proses Pendidikan Islam di Indonesia. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 203–215. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i2.7250
Jofipasi, R. A., Efendi, J., & Asri, R. (2023). Strategi Pendidikan Inklusif Berbasis Pemikiran Al-Ghazali: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Special Education Lectura, 1 (2). 15-23.
Juntak, J. N. S., Rynaldi, A., Sukmawati, E., Arafah, M., & Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia. 5(2).
Lubis, Z., Ritonga, A. A., Darlis, A., Kholila, A., & Rahman, K. I. (2023). Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1). 191-197
Owa, Y. K., Itu, M. A., Kero, M. A., & Ledu, M. G. G. (2023). Anak Berkebutuhan Khusus Dan Penerapannya Dalam Pendidikan Di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2107
Putri, R., & Nurhayati, S. (2020). Strategi Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Penerbit EduPress.
Quraish, M. Shihab. (2004). Tafsir Al-Misbah; pesan, kesan, dan keserasian Al Qur’an, Jakarta: Lentera Hati.
Ruslan, R., Bunyamin, A., & Achruh, A. (2022). Pendidikan Spiritualisme dalam Perspektif Al-Quran. Al-Musannif, 4(2), 101–118. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i2.72
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.
Samidi, R., & Suharno, S. (2018). Implementasi Nilai Keadilan Sosial Melalui Pendidikan Persepktif Tgkh Zainuddin Abdul Majid. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 374. https://doi.org/10.25217/jf.v3i2.314
Sumantri, B. A. (n.d.). Pendidikan Inklusif Dalam Surat Al-Hujurat Ayat 10-13 Dan Surat Abasa AyaT 1-10: Perspektif Mufassir Klasik dan Kontemporer.
Suryadi, R. A. (2022). Al-Qur’an Sebagai Sumber Pendidikan Islam. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2), 83–94. https://doi.org/10.17509/tk.v20i2.50336
Susmita, S. (2022). Pendidikan Kecerdasan Intelektual dalam Tinjauan Al-Qur’an. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4251–4257. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2876
Taufik, A. N., & Rahaju, T. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Untuk Mewujudkan Kesetaraan Belajar Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tingkat Sma Di Surabaya. Publika, 9(3), 139–154. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p139-154
Tea, Y. V., Pio, M. O., Tini, F. A., & Tia, E. (2023). Implementasi Pemenuhan Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2121
Wijayanti, T. P. (2019). Pengaruh Sekolah Inklusi terhadap Kepekaan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 286–296. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i2.19773
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.8.1.1-14
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by the Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.
Jl. Raya Kaligawe Km. 4, PO BOX 1054/SM, Semarang, Indonesia 50112
Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id