METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK SEKOLAH DASAR

Devi Setyarini

Abstract


Rendahnya prestasi belajar anak Sekolah Dasar dapat dikarenakan oleh adanya beberapa gejala-gejala yang mampu mempengaruhi tingkat prestasi hasil belajar anak Sekolah Dasar. Salah satunya karena tidak berkonsentrasinya anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya fenomena tersebut, maka dilakukanlah beberapa penelitian untuk mengatasi fenomena tersebut dengan menggunakan metode Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap aktivitas dan prestasi hasil belajar anak didik.

References


Annisa, dkk. (2012). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Journal of Drug Issues, Vol. 1 (1), I2302-6405.

Astriany, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara. Journal of Drug Issues, Vol. 6 (1).

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Ernata, Y. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Mapping Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN Ngaringan 05 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blintar.

Edward, C. 2009. Mind Mapping untuk anak sehat dan cerdas. Sakti: Yogyakarta.

Farij, Al Amin. 2012. Peningkatan Pemahaman Sains Dengan Penggunaan Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno Kebumen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

Hardiyanto, David Yoga, dkk. (20123). Penerapan Mind Mapping sebagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sengare Kabupaten Pekalongan. Journal of Drug Issues, 1, 2252-6447.

Koriagung, Cahyani, Pt., dkk. (2015). Penerapan Mind Mapping dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN dan Pengetahuan Faktual pada Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IVB SD Negeri 5 Tonja. Journal of Drug Issues, Vol.3 (1).

Kosmajadi, E. dan Neni Rohaeni. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Pikiran. Journal of Drug Issues, Vol.1 (1), 2442-7470.

Lestari, Weni Arianingtyas Uji, dkk. (2012). Penggunaan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa MTs Negeri Purworejo. Journal of Drug Issues, Vol.1 (1).

Nurroeni, Chusnul. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mappingterhadap Aktifitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Drug Issues, Vol.1, 2252-9047.

Nur, Muhammad, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 59 Sebangar Kecamatan Mandau. Jurnal Online Mahasiswa,Vol.4 (1).

Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.

Purwasari, Yosi. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi dan Benda Langit melalui Peta Pikiran pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jounal of Drug Issue, Volume 1 Nomor 1.

Qondias, Dimas, dkk. (2016). Pengembangan Media Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Journal of Drug Issues, 2, 2303-288X.

Safitri, Dyah. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Balangan 1. Journal ofDrugs Issues, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun ke-5.

Sulistiyaningsih, Eny. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.

Syam, Natriani dan Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Journal of Drug Issues, Vol.5 (3), 2088-2092.

Widianti, Sri. (2014). Keefektifan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Drug Issues, Vol. 2, 2252-9047.

Windura, Sutanto. 2008. MIND MAP Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id