KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV

Jupriyanto jupriyanto

Abstract


Fokus penelitian mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA dengan mengunakan model pembelajaran discovery learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Ekperimental dengan Nonequivalent Control Group Desain. Pengumpulan data menggunakan pretest, posttest. Analisi data menggunakan uji T One Sampel Test untuk mengukur rata-rata kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis IPA pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran discovery learning mencapai kriteria minimum dengan hasil uji Sig (2-tailed) = 0,363 > ⺠= 0,05

Keywords


discovery learning, berpikir kritis, IPA SD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id