Efektivitas media Lompat Katak terhadap kecerdasan linguistik peserta didik sekolah dasar
Abstract
Lamanya pembelajaran daring masa pandemi membawa dampak pada menurunnya kemampuan verbal-linguistik yang berkaitan dengan membaca, menulis, ataupun bercerita teristimewa bagi peserta didik kelas rendah sekolah dasar. Sebagai alternatif solusi, maka hadirnya media pembelajaran pada pertemuan tatap muka terbatas di SD sangat penting adanya. Merespon hal ini, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menguji seberapa besar efektifitas media lompat katak dalam meningkatkan kecerdasan linguistik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only control group design yang dilakukan di kelas 1 SD Negeri 6 Bangsri. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga sampel penelitian ini ditentukan dengan kriteria kelas yang masih banyak terdapat peserta didiknya belum bisa membaca, menulis, dan penguasaan kosa kata terbatas yaitu kelas I SD. Sedangkan penentuan kelasnya dilakukan secara random. Kelas IA sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 20 anak dan kelas I B sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 anak.Teknik analisis data menggunakan uji-T Test dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media lompat katak efektif digunakan dalam meningkatkan kecerdasan linguistik peserta didik kelas 1 SD Negeri 6 Bangsri dengan diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu: 5,129 > 1,725. Hasil respon guru kelas 1 SDN 6 Bangsri menunjukkan 90% sangat setuju media lompat katak digunakan dalam memfasilitasi kecerdasan linguistik peserta didik kelas 1 sekolah dasar.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agusmiati, Sinta., Rahmad F & Nidhia F. (2021). Improvement of Verbal Linguistic Intelligences in Children Aged 5-6 Years Using Magneticeria Puzzle Learning Media at PAUD Karya Galang, Bengkulu City. International Journal of Social Science Research and Review. 4(3), 48-53.
Dewi, D. S., & Wilany, E. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Verbal Dan Kemampuan Membaca. Jurnal Dimensi, 8(1), 187–197. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1859
Halimah, A., Afif, A., & Ratu, B. (2018). the Influence of Linguistic Verbal Intelligence Toward the Result of Indonesian Language. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 5(2), 162–169.
Handayani, Rini., Geminastiti S & Rosmini Kasman. The Influence of Verbal-Linguistic Intelligence on Students Learning Outcomes in English at SMA Negeri 1 Sidrap. Journal of Education and Learning Innovation. 1(2), 141-148.
Jati, L. T. S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional …, 777–783.
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/667/585
Kristina, T., Elena, & Rahman, T. (2020). Verbal Linguistik Anak Pada Kelompok B. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 314–323.
Munawwarah. (2019). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Di Tk Kenanga Tinggiran Darat Kabupaten Barito Kuala. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 5(1), 274–282.
Nengrum, 2020. Efektifitas Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa. Al Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 9.No.1, 1-15
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish.
Ratnasari, S. L., Supardi & Herni W.N. (2020) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration. 4(2), 98-107.
Shihab, N. (2017). Keluarga Kita Mencitai Dengan Lebih Baik. In Buah Hati, Tangerang.
Sidabutar, D. M., Khadijah, K., & Sitorus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurhayati Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(2), 49–63. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.500
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Umarella, S., Saimima, M. S., & Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237.
Wahyuni, A., Bayti, C. S., Purnama, A. R., & Wahyundari, L. (2021). Dampak Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Biogenesis, 17(2), 88. https://doi.org/10.31258/biogenesis.17.2.88-93
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Widiyono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. Prosiding Seminar Nasional Digitalisasi Pendidikan Di Tingkat Satuan Pendidikan, 3, 12–21. https://prosiding.iahntp.ac.id
Wulandari, Riswan J & Rusmin A.R. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit. 3(2), 183-194.
Yuly Sakinatul Karomah, Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.176-188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id