Pengaruh media Quizizz terhadap kosa kata baku siswa kelas V sekolah dasar

Emi Febrina Ningrum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kosa kata baku siswa kelas V sekolah dasar akibat masuknya bahasa “gaul†dan kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan untuk memperkenalkan kosa kata baku. Sementara itu, bahasa “gaul†berkembang melalui penuturan sehari-hari dan media teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Quizizz terhadap kosa kata baku siswa kelas V sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Jumlah sampel penelitian adalah 20 siswa kelas V SD Negeri Nogopuro yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kosa kata baku sebagai data utama, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung. Data diuji dengan uji normalitas, karena data yang diperoleh berdistribusi normal maka dilakukan uji Paired Sample T Tes. Hasil uji Paired Sample T Test diketahui nilai Sig. (2-Tailed) adalah 0,000 < 0,05, sedangkan  hasil Mean Paired Differences adalah sebesar -37,95.  Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media Quizizz terhadap perbendaharaan kosakata baku siswa kelas V SD.

Keywords


media pembelajaran, Quizizz, kosa kata baku

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25), 1–6.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376

Dina, R. (2020). Analisis pencapaian tugas perkembangan siswa SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.279

Goldin, I., & Reinert, K. (2012). Globalization for Development : Meeting New Challenges. Oxford University Press.

Gustiasari, D. R. (2018). Pengaruh perkembangan zaman terhadap pergeseran tata Bahasa Indonesia; Studi kasus pada pengguna instagram tahun 2018. Jurnal Renaissance, 3(2), 433–442. https://doi.org/10.53878/jr.v3i2.86

Istiarsono, Z. (2014). Tantangan pendidikan dalam era globalisasi: Kajian teoritik. Jurnal Intelegensia, 1(2), 19–24.

Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2021). Pengaruh penggunaan Quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37–41.

Madina, L. ode, Pattiwael, M., Lahallo, F., Rupilele, F., & Palilu, A. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi. Journal of Dedication to Papua Community, 2(2), 157–170. https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.47

Ningrum, V. (2020). Penggunaan kata baku dan tidak baku di kalangan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta. Jurnal Skripta, 5(2), 22–27. https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.398

Rahayu, I., & Purnawarman, P. (2018). The use of Quizizz in improving students’ grammar understanding through self-assessment. Eleventh Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2018) , 104–114.

Rasuli. (2019). Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kata baku dan tidak baku dengan media flash card pada siswa kelas VI SD N Sameye Tahun 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosail Dan Pendidikan, 3(2), 334–340. https://doi.org/10.36312/jisip.v3i2.764

Rustini, N. K. P., & Diarta, I. N. (2014). Menyikapi kebertahanan Bahasa Indonesia dalam menghadapi globalisasi di Bali. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(2), 126–129. https://doi.org/10.36733/jsp.v4i2.454

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, 171–176.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200–1214. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Sukma, N., Lestari, P. I., & Nur, R. A. (2021). Pengaruh media “Quizizz†dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Biologi siswa. Binomial, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1042

Suminar, R. P. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. Jurnal Logika, XVIII(3), 114–119.

Yuniarto, P. R. (2014). Masalah globalisasi di Indonesia: Antara kepentingan, kebijakan, dan tantangan. Jurnal Kajian Wilayah, 5(1), 67–95. https://doi.org/10.14203/jkw.v5i1.124

Zhao, F. (2019). Using Quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.83-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id