PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS KULIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS IPS

Arga Dwi Praditya, Ismail Ismail, Sepri Yunarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap penyelesaian tugas kuliah mahasiswa Program Studi Tadris IPS di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sebanyak 33 mahasiswa dijadikan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert, dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan ChatGPT dengan penyelesaian tugas kuliah, dengan nilai signifikansi 0,001 dan koefisien regresi sebesar 0,699. Nilai R² sebesar 0,559 menunjukkan bahwa 55,9% variasi penyelesaian tugas kuliah dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan ChatGPT. Penggunaan ChatGPT dinilai mampu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan berbagai bentuk tugas akademik, meskipun berpotensi menurunkan kemampuan berpikir kritis dan minat membaca. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan etis dan bijak dalam memanfaatkan AI dalam konteks pendidikan tinggi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang integrasi teknologi AI dalam proses pembelajaran siswa.

Keywords


ChatGPT, Kecerdasan Buatan, Mahasiswa, Tugas Kuliah

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. (2024). Motivasi Pemanfaatan Platform Chatgpt Dalam Pencarian Informasi Oleh Mahasiswa Fakultas Adab Dan Humaniora Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Anjani, M., Karliani, E., & Triyani, T. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence di Kalangan Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Palangka Raya untuk Menyelesaikan Tugas Kuliah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3744–3752. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7583

Dwivedi, Y. K., Pandey, N., Currie, W., & Micu, A. (2024). Leveraging ChatGPT and other generative artificial intelligence (AI)-based applications in the hospitality and tourism industry: practices, challenges and research agenda. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 36(1), 1–12. https://doi.org/10.1108/IJCHM-05-2023-0686

Handoyo, E. R., Handoyo, E. R., Sugiarto, J., Lolo, A., & Chai, K. (2023). Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 342–352. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241

Hayati, I., Harzetti, D., Fajarwati, W. S., Santika, A. A., Safitri, A. R., Rubiawati, I., … Maratawaty, N. A. (2024). Pengaruh Adanya Chat GPT terhadap Waktu Penyelesaian Laporan Praktikum Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Majemuk, 3(2), 288–303. Retrieved from https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk/article/view/682/497

Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047

Kusumaningtyas, P., Arrumi, A. P., & Keren Tiurma Eunike, dan S. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Chat GPT dalam Tugas Esai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 158–165. Retrieved from https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/794

Niyu, Desideria Dwihadiah, Azalia Gerungan, & Herman Purba. (2024). Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(2), 130–145. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i2.6058

Rachbini, W., Permana, E., & Rahmawati, E. (2023). Skripsi Ngebut Pake ChatGPT-Tesis & Disertasi Boleh Ikut. Serang: CV. AA. Rizky.

Siregar, N. A., & Firdaus, R. (2024). The Influence Of Use Of Ai ChatGPT On The Reading. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 3046–4560. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1542/1732

Sugianti, & Rosidah, I. (2024). The Use of Artificial Intelligence (AI) in Learning Results for Scientific Indonesian Language Courses at PGRI Wiranegara University. International Journal of Applied Research and Sustainable Sciences, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.59890/ijarss.v2i1.1174

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Syahri, A., Efriyanti, L., Zakir, S., & Imamuddin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Pola Pikir Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian: Studi Penelitian Kuantitatif. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 135–143. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1910

Yulita Fairina Susanti, Sjahrifa, T., & Loeis, M. (2020). Pertimbangan Etika Dalam Menerapkan Kecerdasan Buatan (Ai) di Perguruan Tinggi Di Jakarta. Pddikti Kemendikbud, 1–12. Retrieved from https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.490-499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id