ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SEDANG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG BERBANTUAN E-LKS BERBASIS GEOGEBRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa kategori sedang dalam menyelesaikan masalah bangun ruang berbantuan E-LKS berbasis GeoGebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dokumentasi, dan analisis hasil pengerjaan E-LKS berbasis GeoGebra. Analisis penelitian berfokus pada empat indikator keterampilan kolaborasi, yaitu komitmen, musyawarah, menghormati pendapat orang lain, dan partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori sedang mampu menunjukkan keterampilan kolaborasi pada tingkat cukup baik, meskipun masih terdapat keterbatasan seperti dominasi siswa tertentu, kurangnya musyawarah yang mendalam, partisipasi yang belum merata, dan keberanian menyampaikan pendapat yang masih rendah. Penggunaan E-LKS berbasis GeoGebra terbukti dapat memfasilitasi kolaborasi, namun perlu dukungan strategi pembelajaran yang lebih menekankan distribusi peran dan motivasi individu.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.511-518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id