PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2A SD NEGERI 1 SARIREJO KABUPATEN KENDAL
Abstract
Abstrak
Kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran akibat keterbatasan guru dalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga menjadikan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Smart Box untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2A SD Negeri 1 Sarirejo Kecamatan Kaliwungu serta menganalisis efektifitas dan kelayakan media Smart Box yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developmend (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang mencakup 10 tahapan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil analisis data media dinyatakan layak oleh ahli media dengan persentase sebesar 80%, dan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase sebesar 92%. Pengembangan media pembelajaran ini terbukti berpengaruh terhadap peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Keefektifan media diuji dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai 0,56 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media Smart Box layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar, Media Smart Box, Pendidikan Pancasila
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, hal. 3077-3086.
Ananta, T., & Sumintono, B. (2020). The Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian Primary Schools. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, hal. 673-679.
Devi, R., P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban di Sekolah Dasar. JPGSD, 12(10).
Maulidiana, F., dkk. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. Journal of Social Sciences Research, 4(2).
Muflikhah, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, hal. 56-64.
Rahmawati, R.A., & Kamaludin, A. (2024). Pengembangan Berbasis Augmented Reality Flashcards pada Materi Geometri Molekuler untuk Meningkatkan Minat Belajar di SMA Murid. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(4), hal. 1539–1550. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i4.7329
Rindiasari, Putri dkk. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. Fokus, 4(5): 370.
Rizkyawan,A., & Paksi, H. P. (2022). Pengembangan Media Bigbook Dalam Pembelajaran. JPGSD, hal. 87–97
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sudirman, I. N., & Sukasani, G. A. (2024). Membentuk Generasi Emansipasi: Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Kurikulum Merdeka Di SD. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, hal. 193-197.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.
Wulandari, A. P. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, hal. 3928-3936.
Zahra, J. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Jurnal Kependidikan, hal. 545-554.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.462-471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id