PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE GENIALLY DAN CARRD.CO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO

Yulia Dwi Putriani, Tatu Hilaliyah, M. Rinzat Iriyansah

Abstract


Menulis teks pidato menjadi salah satu keterampilan yang seringkali dianggap sulit, tidak dikuasai, dan kurang menarik untuk dipelajari. Akibatnya, siswa cenderung tidak fokus dan tidak mampu menulis teks pidato dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis website genially dan carrd.co, serta perbedaan pengaruh antara kedua media tersebut terhadap keterampilan menulis teks pidato di kelas VIII SMPN 5 Kota Serang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dan terpilih kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh berupa hasil pretest dan posttest menulis teks pidato melalui perhitungan statistik dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran berbasis website genially dengan skor rata-rata pretest sebesar 52,93 dan skor posttest sebesar 82,60 dengan peningkatan poin sebesar 29,67. Sera adanya pengaruh media pembelajaran berbasis website carrd.co dengan hasil nilai pretest menunjukkan skor rata-rata sebesar 56,07 dan posttest dengan skor rata-rata sebesar 73,27 dengan peningkatan poin sebesar 17,2. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website genially lebih efektif dibandingkan media berbasis website carrd.co dalam meningkatkan keterampilan menulis teks pidato siswa. Untuk itu, pembelajaran keterampilan menulis teks pidato akan lebih baik dengan menggunakan media berbasis website genially.


Keywords


website genially, website carrd.co, keterampilan menulis, dan teks pidato

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.399-407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id