IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI

Amelia Mufarrohah, Farid Khoeroni

Abstract


Abstrak

Artikel ini membahas tentang penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di MTs Mu’allimat NU Kudus. Latar belakang penelitian ini terletak pada tantangan pembelajaran SKI yang sering dianggap monoton dan hanya berfokus pada narasi masa lalu, sehingga mengakibatkan rendahnya keterlibatan siswa dan pengembangan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mind mapping mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi, khususnya pada level kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Pendekatan kualitatif fenomenologis digunakan, dengan melibatkan guru SKI dan siswa kelas tujuh sebagai informan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping memfasilitasi pengorganisasian konten sejarah, meningkatkan partisipasi siswa, dan memperkuat kemampuan mereka untuk menghubungkan, menganalisis, dan mensintesis informasi secara visual dan reflektif. Faktor pendukungnya meliputi motivasi siswa, bimbingan guru, dan akses ke sumber belajar. Namun, kendala seperti keterbatasan waktu, karakteristik siswa yang beragam, dan konten materi yang kompleks tetap menjadi tantangan. Penelitian ini menyiratkan bahwa metode inovatif seperti pemetaan pikiran perlu didukung dengan pelatihan guru yang tepat dan dukungan kelembagaan untuk mendorong pengalaman belajar SKI yang bermakna dan kritis.

Kata Kunci: Berpikir kritis, Peta konsep, Pembelajaran SKI

Abstract

This articel discuss the implementation of the mind mapping method in Islamic Cultural History (SKI) learning as a strategy to enhance students' critical thinking skills in MTs Mu’allimat NU Kudus. The background of this research lies in the challenges of SKI learning that is often perceived as monotonous and focuses only on past narratives, resulting in low student engagement and critical thinking development. The study aims to describe how mind mapping supports higher-order thinking skills, particularly at the cognitive levels of analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6) based on Bloom’s revised taxonomy. A qualitative phenomenological approach was used, involving SKI teachers and seventh-grade students as informants. Data were collected through classroom observations, interviews, and document analysis. The results show that mind mapping facilitates the organization of historical content, improves student participation, and strengthens their ability to connect, analyze, and synthesize information visually and reflectively. Supporting factors include student motivation, teacher guidance, and access to learning resources. However, constraints such as limited time, diverse student characteristics, and complex material content remain challenges. This research implies that innovative methods like mind mapping need to be supported with proper teacher training and institutional backing to foster meaningful and critical SKI learning experiences.


Keywords


Keywords: Critical thingking, Mind mapping, SKI learning

Full Text:

PDF

References


Anjallina, Alfiyatun Nikmah, Evelin Diah Gustari, M. Syarif, dan Lailatul Isro’iyah. 2024. “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran SkI.”

Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 9(2):574–88. doi:10.51729/921226.

Aprina, Eka Anisa, Erma Fatmawati, dan Andi Suhardi. 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar.” 13(1):981.

Bekti Mulatsih. 2021. “Implementation of Revised Bloom Taxonomy in Developing Chemistry Questions in the Domain of Knowledge.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 6(1). doi:10.51169/ideguru.v6i1.158.

Casfian, Fian, Fikri Fadhillah, Jihad Wijaya Septiaranny, dan Muhamad Aris Nugraha. 2024. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme Melalui Media E-Learning.” 3.

Darise, Gina Nurvina, Nurul Mahmudah, Kusnan Kusnan, Indah Wardaty Saud, Gita Fajrin Jafar, Nurul Fajriani Mokodompit, dan Rahmawaty Alkatiri. 2024. “Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping sebagai Solusi Mengatasi Kebosanan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Min 2 Kepulauan Sangihe.” NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):58–67. doi:10.30984/nyiur.v4i2.1127.

Erfan, Muhammad, Nurwahidah, Ashar Pajarungi Anar, dan Mohammad Archi Maulyda. 2020. “Identifikasi Level Kognitif pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah 8(1):19–26. doi:10.31629/kiprah.v8i1.1954.

Hazaymeh, Wafa’ A., dan Moath Khalaf Alomery. 2021. “The Effectiveness of Visual Mind Mapping Strategy for Improving English Language Learners’ Critical Thinking Skills and Reading Ability.” European Journal of Educational Research volume–11–2022(volume–11–issue–1–january–2022):141–50. doi:10.12973/eu-jer.11.1.141.

Hizam, Ibnu. 2020. EVALUASI PEMBELAJARAN. cet 1. Mataram: Sanabil.

Husni, Muhamad, dan IAI Al-Qolam Gondanglegi Malang. 2018. “Memahami Konsep Pemikiran Mindmaptony Buzan (1970) Dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak.” 3.

Husnullail, M., Risnita, M. Syahran Jailani, dan Asbui. 2024. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset Ilmiah.” 15(2).

Ibrahim, Irman. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Pelajaran Ski Materi Khulafaurrasyidin Kelas Vii H Di Mts. Negeri 1 Ende.” 1(5).

Ichsan, Ichsan. 2018. “Mempertimbangkan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran PAI.” 1(1).

Karim, Abdul. 2017. “Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran.” IJTIMAIYA 1(1).

Khoironi, Farid. 2017. “Mengcounter Hoax Melalui Internalisasi Nilai Nilai Pendidikan Islam.” QUALITY 5(2). doi:10.21043/quality.v5i2.3068.

Lestari, Atika Putri. 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa Kelas XI IPA dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di MAN 3 Solok.” 03(02).

Nursipa, Siti, Aziz Akhmad Najib, dan Asep Saepul Muslim. 2023. “Model Pembelajaran Mind Mapping Dinasti Al-Ayyubiyah Terhadap Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas Viii F Mtsn 2 Purwakarta.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah 3(1):99–108. doi:10.51878/action.v3i1.1998.

Partono, Partono. 2020. “Pengembangan Video Motivasi Untuk Meningkatkan Literasi Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI di SMK Nurul Qur’an Pati.” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1):135. doi:10.32332/tarbawiyah.v4i1.1886.

Ramadhani, Nadira Novia, dan Oman Farhurohman. 2024. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar.” 8:18793.

Robid Jiwandono, Nahnu. 2019. “Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Mahasiswa Semester 4 (Empat) Pada Mata Kuliah Psikolinguistik.” 4(1).

Selviana, Sella, Didik Himmawan, dan Naelul Muna. 2022. “Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu.” Journal Islamic Pedagogia 2(1):1–10. doi:10.31943/pedagogia.v2i1.72.

Switaningsih, Christiana, Dini Rakhmawati, dan Arri Handayani. 2024. “Analisa Pengaruh Mind Mapping Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Sekolah Dasar.” 10.

Tambun, Sara Indah Elisabet, Goncalwes Sirait, dan Janpatar Simamora. 2020. “Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah.” 01(01).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.3.427-437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id