PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA CAP CUT PADA MATERI AHLAK MAHMUDAH DAN MAZMUMAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran multimedia berbasis video interaktif menggunakan aplikasi CapCut untuk mengajarkan materi Akhlak Madzmuah dan Mahmudah kepada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angktan 22 IAIN Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Analisis tersebut mengidentifikasi kendala dalam pemahaman materi karena materi masih abstrak dan metode pembelajaran masih tradisional. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka dirancanglah sebuah video pembelajaran interaktif yang menyajikan proses penciptaan manusia secara visual dan menarik disertai dengan bacaan Al-Qur'an. Video interaktif tersebut telah divalidasi oleh para ahli dan diujicobakan kepada 40 mahasiswa IAIN Palangka Raya. Hasil penelitian melalui hasil validasi ahli materi memperoleh hasil sebesar 84% dan validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 82% yang menunjukkan bahwa media video interaktif layak digunakan, begitu pula melalui angket respon mahasiswa dan dosen terhadap video grafis pembelajaran menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi, dengan hasil rata-rata sebesar 86% respon mahasiswa menyetujui bahwa video interaktif efektif meningkatkan pemahaman dan keterlibatan. Video interaktif berhasil mengatasi keterbatasan media pengajaran tradisional dan meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Acip, A., & Khaerunisa, K. (2022). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(4), 17–39.
Aisyah, S. N., Almadani, T., Mentaya, T. S., Maulida, S., & Azis, A. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Pembelajaran Al-Quran Hadis Materi Proses Penciptaan Manusia Di Kelas XI. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 313-320.
Ali, A., Abduloh, A. Y., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2023). Pendidikan Akhlak Dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5310.
Anwar, S., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 355-373.
Amrina, A., Kusuma, E., Pratiwi, F., Putri, J. A., Yusti, N., Wisa, V., & Nasution, E. yanty P. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Akhlak Santriwati. Darul ’Ilmi, 11(2), 247–256.
Anida, A., Ramadhan, M., Muhammad, M., & Asman, Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menghasilkan Output Yang Berkualitas. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(2), 587–601. https://doi.org/10.22373/jm.v13i2.19138
Asyari, A., & Sania, A. W. (2022). Pembinaan Akhlak Mahmudah Di Sekolah Dasar: Metode, Kendala Dan Solusi. El Midad, 14(1), 121–135. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/5314
Dinia, A., & Masykur, A. (2025). Model Project-Based Learning ( PJBL ) pada Pembelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Faujianor, A., Ningsih, S. H., Safitri, N., & Aziz, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bagan dan Audio Berbasis Multimodal Solusi Mengatasi Kendala Keterbatasan Teknologi Pembelajaran. Juperan, 03(02), 399–409.
Febiyanti, H., & Muhroji Muhroji. (2024). Video Animasi Sebagai Media Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jpgmi, 10(1), 24.
Fitri, N., & Anas, N. (2024). Pengembangan video pembelajaran berbasis capcut untuk meningkatkan kemampuan pemecahan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 649–660.
Haidar Putra Daulay, D. (2024). Peran Pendidikan Akhlak Dalam Membangun Karakter Mahasiswa Dii STMIK Triguna Dharma Medan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 9(2), 35–42.
Hartati, A., & Mahmudah, R. (2024). Dampak Penggunaan Teknik Video Edukasi terhadap Empati pada Siswa SD Negeri 4 Gerung. PeDaPAUD, 3(2), 105–116.
Indah Nursita, D. (2023). Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto. Journal on Education, 5(4), 17843–17848. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/5000/3936/
Janah, N. N., Zubaedi, Z., & Suradi, A. (2022). Integrasi Nilai Akhlak Dalam Pendidikan Budi Pekerti (Studi Tentang Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa di SMP N 5 Kota Bengkulu). JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 657–664. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/585%0Ahttps://siducat.org/index.php/jpt/article/download/585/446
Jasiah, J., Mazrur, M., Hartati, Z., Rahman, A., Kibtiyah, M., Liadi, F., & Fahmi, F. (2024). Islamic Teachers’ Implementation Of The Merdeka Curriculum In Senior High Schools: A Systematic Review. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 23(4), 394-408
Khatimah, N., Yanti, R., Oktaviani, A. Y., Madi, M., Sulastri, S., Rusli, R., & Ridwan, M. (2024). Edukasi Akhlak Tercela Melalui Media Video Kartun Animasi Pada Anak di TPQ Al – Ikhlas Kota Baubau. Permadani: Jurnal Pengabdian Riset Masyarakat Madani, 2(2), 80–88.
Kholiq, I. A., Marhamah, M., & Sulaim, U. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Mahmudah (Akhlak Terpuji) di SMA Negeri 2 Jakarta. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 253–260. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.157.
Kumala, A. N., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa, Media Pembelajaran, dan Kebugaran Jasmani. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1213-1220.
Liady, F., Jasiah, J., Fitria, E., Anggraeni, N., Oktarina, H., & Nurlita, S. (2022). Pendampingan Literasi Digital. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–12.
Majidi, M. W., Norhidayah, S., & Marhamah, MarhamahAzis, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Ular Tangga Digital Pada Materi Asmaul Husna Kelas VII di SMP NU Palangka Raya. JUPERAN, 03(02).
Mardliyah, S. Z. (2020). Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Strategi Teams Games Tournament di Madrasah Ibtidaiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 214–228. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2264
Mentaya, tiara S., Aisyah, S. N., Almadani, T., Maulida, S., & Azis, A. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Pembelajaran Al-Quran Hadis Materi Proses. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Isla, 2(1), 313–320.
Mesra, R., Anton, E. E., & Sari, D. K. (2024). Pelatihan CapCut video editing untuk meningkatkan skill dan daya saing mahasiswa pendidikan di dunia kerja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5381–5391.
Mita, M., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan E-Book Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbooks dengan Model Waterfall di Mts Al-Mumtaz Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 6(1), 50-62.
Musrofa, A., & Kurniasari, F. I. (2020). Konsep Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah Perspektif Hafidz Hasan Al-Mas’udi Dalam Kitab Taysir Al-Khallaq. Ilmuna, 2(1), 48–67. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/138
Musthofa, Z., Faizin, F., & Sanjani, M. A. F. (2025). Strategi Pembelajaran Storytelling Adaptif untuk Menanamkan Nilai Akhlak Mulia pada Siswa MI di Era Digital. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4282–4291.
Ningsih, S. (2022). Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Sekolah SMP Muhammadiyah 02 Medan. UMSU.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Perapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Nurhasani, S., & Luthfi, A. F. (2024). Implementasi CapCut sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(4), 398–402. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Rahayu, C., & Fanreza, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pencuplikan Video Animasi. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 122–133. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.492
Rahmah, M., & Jasiah, J. (2025). PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE PADA MODEL ASSURE DALAM MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X MA HIDAYATUL INSAN PALANGKA RAYA. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 3(1), 468-478.
Rahmania, D. M., Mustafa, A. H., Fitriani, H., Handayati, S., & Aeni, A. N. (2023). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Capcut sebagai Media Dakwah dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Journal On Education, 6(1), 3680–3688.
Rizqi, M., Faujianor, A., & Yuliani, H. (2024). Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Bagan dan Audio pada Materi Wudhu. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 414–422.
Rizqi, M., Noormila, C., Permatasari, A. R., Azis, A., & Abdullah, A. (2024). Pengembangan Bahan ajar Berbasis Video Animasi dalam Materi Sikap Dermawan dan Menghindari Kikir pada Kelas VII Mts Muslimat NU. JUPERAN: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 422–431.
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18
Rozaq, A., Setiawan, T. A., Hakim, A. R., & Yanto, F. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mapel Akidah Akhlak Melalui Tayangan Sinetron Islam KTP. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 4(3), 365–379.
Sagita, N., & Wikarya, Y. (2024). Pengaruh Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut Terhadap Hasil Belajar Materi Menggambar Model Di Kelas VIII SMPN 2 Pasaman. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18635–18643.
Sidabutar, A. P., Asari, N. A., Ramadhania, J. A., Balqis, T. L., Pulungan, N. A., Siagian, L., & Rachman, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dalam Mengatasi Permasalahan Belajar pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan. Pancasila and Civics Education Journal, 2(3), 15–20. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Siti Suhailah Rahmatullah, & Danang Dwi Basuki. (2023). Penerapan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak di Sekolah Dasar Islam Annajah Bekasi. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 331–338. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1066
Sumanto, E., Noviani, D., & Ramona, P. D. (2024). Konsep Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Generasi Muda. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 7834–7842.
Syahmewah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Template Pada Aplikasi Capcut Yang Memudahkan Mahasiswa Untuk Mengedit Vidio Sebagai Media Pembelajaran. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 7(1), 27–32. https://doi.org/10.30743/pascal.v7i1.7343
Ulfa, E. A., Naja, R., Salsabila, S. Z., & Nur, D. M. M. (2024). Pemanfaatan CapCut Untuk Meningkatkan Semangat Belajar dan Kreativitas Siswa IPS Kelas VII H SMPN 1 Mejobo. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 260–264.
Wahyuni, S. (2024). Macam-Macam Akhlakul Mahmudah dan Akhlakul Mazmumah. JITK: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(1), 147–151.
Harjanta, Aris Tri Jaka, and Bambang Agus Herlambang. 2018. “Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE.” Jurnal Transformatika 16(1): 91. doi:10.26623/transformatika.v16i1.894.
Kurniawan, D., & Riyana, C. 2012. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru.” Rajawali Pers.
Luh, Ni, and Putu Ekayani. 2021. “Pentingnya Penggunaan Media Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (March): 1–16.
Mashuri, Delila Khoiriyah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Sekolah Dasar Kelas V.” Jpgsd 08(05): 893–903.
Nurul Audie. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1): 586–95.
Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. 2018. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2): 33. doi:10.17509/jpm.v3i2.11762.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.
Soesilo, Andhi, and Ashiong Parhehean Munthe. 2020. “Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3): 231–43. doi:10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.
Sugiantara, I Putu, Ni Made Listarni, and Krisnanda Pratama. 2024. “Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Literasi Digital 4(1): 73–80. doi:10.54065/jld.4.1.2024.448.
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.300-315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id