PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Ihsan Nurkhakim, Warju Warju, Lilik Anifah, I Gusti Putu Asto Jahjanto

Abstract


Motivasi belajar dan kedisiplinan adalah dua faktor penting yang wajib dimiliki dan dipelihara oleh seorang siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, yang nantinya berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajar produktif jurusan TKJ SMKN 1 Geger. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan Explanatory Survey. Jumlah sampel sebanyak 100 siswa pada jurusan TKJ, pengambilan data motivasi belajar dan kedisiplinan menggunakan kuesioner. Data yang didapat dianalisis menggunakan analisis asumsi klasik kemudian dilanjutkan uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R square). Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar (thit 4,894>ttab 1,999, sig 0,000<0,05) dan kedisiplinan (thit 7,352>ttab 1,999, sig 0,000<0,05) terhadap prestasi belajar setelah dilakukan uji t. Kedua variabel X1 dan X2 berpengaruh secara bersama-sama (Fhitung 94,518, sig 0,000<0,05), dan kekuatan korelasi pada hasil penelitian ini sebesar 72,7%.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.288-299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id