ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hamar Harimurti, Dedy Irawan

Abstract


Kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi pada jenjang Sekolah Dasar, terutama di kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan dan faktor faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis karangan narasi yang dialami siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungwuluh Kidul. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data melalui tahapan Miles dan Huberman, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungwuluh Kidul mengalami berbagai kesulitan dalam menulis karangan narasi, seperti: (1) menyampaikan ide pokok atau gagasan, (2) menyusun paragraf, (3) penggunaan ejaan dan tanda baca, pemilihan kosakata, (4) percaya diri saat menulis. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal seperti daya ingat dan motivasi belajar, serta faktor eksternal seperti kurangnya perhatian orang tua, lingkungan yang kurang mendukung, dan pengaruh media sosial. Disarankan guru menerapkan bimbingan belajar, orang tua mendukung belajar di rumah, serta sekolah menyediakan fasilitas sesuai perkembangan zaman untuk membantu mengatasi kesulitan menulis karangan narasi.


Keywords


Kesulitan Siswa, Karangan Narasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607

Akbar, R., & Syah, E. F. (2024). Menulis Cerita Pengalaman Pada Siswa Kelas V Di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 583-593.

Alam, B. F., Anjarini, T., & Khaq, M. (2024). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menentukan Ide pokok Pada Teks Cerita Narasi Kelas IV SD Negeri Babadsari. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 347-353.

Anjelita, P., Rizhaldi, R., & Hermansah, B. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Menulis Karangan Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SDN 21 Sembawa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5019–5033. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1126

Asmoro, A. I., & Muhammad, A. F. N. (2023). Problematika Dan Solusi Menulis Teks Narasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi. Jurnal Basicedu, 7(5), 2880–2885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5751

Dzambiyah, A., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa SD Dalam Mengidentifikasi Ide Pokok Paragraf Di SDN Sempu 2. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p17- 23

Elvi Rahmawati, Dina Anika Marhayani, A. K. W. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Menulis Karangan Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SDN 23 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 332–343. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2574

Erdhita Oktrifianty. (2021). Kemampuan Menulis Narasi Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman. Sukabumi : CV Jejak, Anggota IKAPI.

Fani Juliyanto Perdana. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. The journal of social and economics education, 8(2), 70–87.

Foxworth, L. L., Mason, L. H., & Hughes, C. A. (2017). Improving Narrative Writing Skills of Secondary Students with Disabilities Using Strategy Instruction. Exceptionality, 25(4), 217–234. https://doi.org/10.1080/09362835.2016.1196452

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hasriani. (2021). Belajar Menulis Teks Narasi Dengan Teknik Clusting. Bandung : Indonesia Emas Group.

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreativitas Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Isntrumental. Yogyakaryta : Deepublish.

Irawan, D., & Oktafiani, E. N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menemukan Informasi Penting Dari Sebuah Bacaan Paragraf. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 190–196. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.565

Jadidah, I. T., Kiftiah, M., Bela, S., Pratiwi, S., & Hidayanti, F. N. (2023). Analisis Pentingnya Menggunakan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Berkomunikasi Dikalangan Anak Usia Sekolah Dasar. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01), 66–73.

Laila Qadaria, Khoirul Bariah Rambe, Wapiatul Khairiah, Rahmanita Minta Ito Pulungan, & Elvira Zahratunnisa. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Lalan Ruslanudin. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Penguasaan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 84–107. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.979

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Nurkamilah, S., Fadhillah, D., & Sumiyani. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1202–1205.

Nurussyifa, C. (2021). Penerapan online Problem-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 15–26.

Oktafiani, E. N., & Irawan, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(01), 8–14. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.472

Pratiwi, N., Sulfasyah, & Aziz, S. A. (2020). Analisis Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar Nunung. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rahayu, E., Wulan, N. S., & Suwangsih, E. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(20), 409–416.

Rahmayanti, R., Andajani, K., & Anggraini, A. E. (2023). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1588–1594. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203

Sahno, S. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.18

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367.

Wati, F. S., Untari, M. F. A., & Mudznatun. (2024). Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SDN Pasuruhan Kabupaten Wonosobo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950.

Windriana, W. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 26, 1–10.

Yuliana. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 288-297. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6681


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id