PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MATH BINGO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR

Ulvi Septian Nugraheni, Muhamad Afandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media math bingo pada materi keliling bangun datar di kelas V. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis banyaknya 15 soal dan soal yang valid 10 soal. Hasil asumsi klasik penelitian ini berdistribusi normal. Metode yang digunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Bingo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada materi Keliling Bangun Datar kelas V SD Negeri Timpik 1 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, nilai rata-rata skor pretest adalah 66,93, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 87,80. Peningkatan rata-rata sebesar 20,87 poin menunjukkan efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Discovery Learning, Math Bingo, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2018). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bhian, H., dkk. (2016). Peran Matematika dalam Pendidikan Abad 21. Surabaya: LPPM.

Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385

Dian Nafisaa & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(3), 213-230.

Haryono, T. (2014). Matematika: Ratu Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Penerbit Mitra Ilmu.

Johnson, R. (2019). Critical Thinking in Mathematics. London: Routledge.

Karlinawati, T. & Rahmawati, N. (2020). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan, 15(2), 178

Kustandi, C. & Darmawan, D. (2020). Media Pembelajaran dalam Era Digital. Jakarta: Rajawali Pers.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2021). Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, C. N., & Kurnia, H. (Ed.). (2022). Buku Panduan Guru Matematika untuk SD/MIKelas V (1 ed.). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

https://drive.google.com/file/d/1qns9TqFsjrwmTZQnpa8tISRB5gF8ulj5/edit

P21 (Partnership for 21st Century Learning). (2019). Framework for 21st Century Learning. Washington, D.C.: P21.

Rahayu, I. & Dewi, S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Shara Kadarisma & Setiawan, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(3), 102-118.

Sharma (2018). Student-centered learning and its impact on critical thinking skills. Educational Research Journal.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D. (2020). Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Matematika. Bandung: Graha Ilmu.

Tan, E., & Zain, A. (2018). Impact of student-centered learning on critical thinking in science education. International Journal of Learning and Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.227-235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id