EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI ACIBA PORTAL GAMES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran game edukasi ACIBA Portal Games, dalam upaya meningkatkan minat belajar sekaligus hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran, subjek penelitian meliputi peserta didik yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan Game Edukasi ACIBA Portal Games sebagai media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui dua instrumen utama, yaitu angket minat belajar untuk mengukur tingkat minat belajar peserta didik serta tes hasil belajar berupa pretest dan posttest untuk menilai perkembangan kemampuan kognitif peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar yang cukup signifikan, yaitu sebesar 62%, dengan perubahan kriteria minat belajar dari rendah menjadi sangat tinggi, sementara dari segi hasil belajar, analisis statistik menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai signifikansi 0,00 (< 0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan kecenderungan peningkatan yang positif. Selain itu, hasil belajar juga ditinjau melalui terpenuhinya Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) operserta didik sehingga kelas dinyatakan tuntas secara klasikal. Dengan demikian, hasil penelitian ini membuktikan bahwa Game Edukasi ACIBA Portal Games merupakan media pembelajaran yang efektif dan berdampak positif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik maupun hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afidah, N., & Subekti, F. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(3), 1944–1952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7564
Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2024). Effektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Pembelajaran Kimia Di Era Society 5.0. UNESA Journal of Chemical Education, 13(2), 86–99. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p86-99
Bahri, A., Ramly, Z. A., Nur, M. S., Pagarra, H., Saparuddin, Arifuddin, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Android-Based Mobile Learning Supported the Independent Learning of Senior High School Students in Covid-19 Pandemic. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 22–32.
Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Ekawisudawati, E., Wijaya, M., & Danial, M. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Asam Basa Menggunakan Instrumen Three-Tier Diagnostic Test. Chemistry Education Review (CER), 5(1), 62. https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26359
Lutfi, A., & Nugroho, A. (2019). Minat Belajar Dan Keberhasilan Belajar Partikel Penyusun Atom Dengan Media Pembelajaran Permainan Chem Man. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 39–50. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p039
Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan Perubahan Dari TCL (Teacher Center Learning) Ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 76–86. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/49
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Pinatih, N. P. S. (2020). Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, (1)Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menyongsong Society 5.0, 64–76. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.38
Ramlah, Alimin, & Syam, M. (2023). Pinisi : Journal of Teacher Professional. Global Journal Teaching Professional, 2(November), 1120–1133. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/908/584
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN X KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/431
Rohmah, O. M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Tangerang). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 39–49.
Sanjiwani, N. L. ., Muderawan, I. ., & Sudiana, I. . (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21170
Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23422
Setiadi, W. A., Aryani, D., & Fu’adin, A. (2023). Teori Belajar Humanistik Terhadap Motivasi Siswa Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), 1(3), 632–635.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sulistyaningsih, S., Rokhimawan, M. A., & Rahmawan, S. (2022). Integrasi Game Chirality 2 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 5(2), 75. https://doi.org/10.31602/dl.v5i2.7673
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2023). Pengujian Secara Empiris (Uji Validitas dan Reliabilitas) Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(5), 1607–1619.
Triarisanti, R., & Purnawarman, P. (2019). the Influence of Interest and Motivation on College Students’ Language and Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal of Education, 11(2), 130. https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.14745
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG (Role Playing Game). In Lppm Unnes.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.236-247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id