IMPLEMENTASI APTITUDE TEST DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Slamet Nuridin, Imam Kusmaryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi aptitude test sebagai bagian dari strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang dengan partisipan peserta didik kelas XI.H sebanyak 35 orang. Pengumpulan data melalui pengamatan dan tes tertulis. Hasil menunjukkan bahwa penerapan aptitude test mampu membantu guru dalam mengelompokkan peserta didik berdasarkan potensi yang dimiliki, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih efektif, interaktif, dan relevan. Selain itu, strategi ini juga meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman konsep matematika peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya asesmen awal seperti tes aptitut dalam mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas, khususnya pada mata pelajaran matematika yang menuntut pemahaman logis dan analitis yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik.

 

Kata Kunci: tes aptitude, pembelajaran berdiferensiasi, matematika, strategi pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2647

Astuti, E. T., Lusiana, R., & Musta’in. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 87–95. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.455

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Hannania, E., Manuharawati, & Desi, I. (2024). PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1984–2995.

Hapsari, A. D., & Hidayat, R. (2024). Assessing the Predictive Power of Aptitude Tests on Academic Achievement of Students in Science and Technology Majors. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 10(2), 118–130. https://doi.org/10.22146/gamajop.83491

Ichiana, N. N., Razzaq, A., & Ahmad, A. K. (2023). Pembelajaran Geometri Berbantuan Goegebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1162–1173. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1389

Listiani, W. (2024). MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9274–9280.

Manulang, L. S. J., Syahbana, A., Nasriah, N., & Ariadi, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Berpusat pada Siswa dan Media Inovatif dalam Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 25–37. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13474

Megawanti, P., & Megawati, E. (2022). Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Penalaran Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 227–232. https://doi.org/10.30998/xxxxx

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage.

Padmakrisya, M. R., Rahayu, W., & Meiliasari. (2024). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(2), 108–119. https://journalpedia.com/1/index.php/jpp

Santoso, A. P. Y., Nanditya, A. D., Rahmawati, A. N., & Hasna, A. S. Al. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TES DAT (DIFFERENTIAL APTITUDE TEST) PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Flourishing, 2(2), 137–145. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v2i22022p137-145

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

VandenBos, G. R. (Ed.). (2015). APA Dictionary of Psychology (2nd ed.). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/14646-000




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.5.2.162-169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id