Analisis Efektivitas Implementasi Pendidikan Inklusif pada Sekolah di DKI Jakarta

Salsa Ashri Salsabila, Zahwa Wahyuni, Najwa Putri Ramadhani, Nurintan Azurawati

Abstract


Pendidikan inklusif ialah sistem pelaksanaan pendidikan yang memberi peluang pada seluruh siswa yang mengalami kelainan dan mempunyai potensi kecerdasan dan/atau bakat khusus agar berpartisipasi dalam pendidikan ataupun pembelajaran pada satu lingkup sekolah secara bersamaan dengan siswa secara umuma. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan agar mengkaji efektivitas pengimplementasian  pendidikan inklusi pada sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Metode yang peneliti pilih yaitu kualitatif dengan pendekatan kajian literatur sebagai dasar untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai topik yang diteliti. Temuan penelitian mengindikasikan, implementasi pendidikan inklusi di DKI Jakarta belum merata, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta.


Keywords


Pendidikan; inklusi; sekolah; DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Afifa, R. N., & Subowo, A. (2020). Implementasi Program Pendidikan Inklusif di Provinsi DKI Jakarta ( Studi di SD Negeri Meruya Selatan 06 Pagi ). Journal of Public Policy and Management Review, 9(2), 348–365.

Ardeliyani, S., & Dery, R. A. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di SMP Negeri 259 Jakarta. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5, 1617–1620. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Fitriana, F., Lestari, I., & Sapriati, A. (2022). Evaluasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kecamatan Koja Jakarta Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(2), 191–200. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.2.2022.1677

Hafiz, A. (2017). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal As-Salam, 1(3), 9–15.

Haq, N. Al, & Kurnia, L. K. (2022). Implementasi Sistem Evaluasi dan Penilaian Anaka Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(3), 268. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v2i3.21477

Malau, M. M. N., Martini, R., & Fitriyah. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Sma Negeri Di Dki Jakarta. Journal of Politic and Government Studies, 12(2), 70–86.

Mularsih, H. (2019). Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Negeri Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 94. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3600

Robiatul Munajah, Arita Marini, M. S. S. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 613–621. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384

Rokhim, A. (2021). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Jakarta. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III, 535–540.

Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085

Safitri, D., Ilmu, P., Sosial, P., Jakarta, U. N., Inklusif, P., & Khusus, G. P. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIFDI SMP NEGERI259 JAKARTA. 4(12).

Sembung, M. P., Rotty, V. N. J., & Lumapow, H. R. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920–928. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.513

Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.42198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id