Peningkatan Minat Belajar Dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament
Abstract
Rendahnya kemampuan numerasi siswa masih jauh dari kriteria memuaskan dan minat belajar siswa pada pelajaran matematika masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dianggap sebagai salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengaplikasikan penerapan Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Wadaslintang dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen penelitian dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengetahui peningkatan minat belajar, tes kemampuan numerasi untuk mengukur kemampuan numerasi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar dan kemampuan numerasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Peningkatan minat belajar dibuktikan dengan meningkatnya persentase setiap indikator. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan numerasi.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v5i1.39308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id