Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris pada Mahasiswa Administrasi Bisnis di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

Jelita Purnamasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kebutuhan mata kuliah Bahasa Inggris Bisnis untuk mahasiswa Administrasi Bisnis di IISIP YAPIS Biak. Responden penelitian ini adalah 25 mahasiswa semester 1 yang sudah mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris Umum. Penelitian ini dilakukan dengan metode campuran yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara dan dua tes tingkat kecakapan bahasa Inggris dan tes gaya belajar siswa. Analisis data terbagi menjadi dua bagian yaitu Present Situation Analysis (PSA) dan Target Situation Analysis (TSA). PSA terdiri dari analisis informasi pribadi siswa dan tingkat kemahiran bahasa Inggris mereka. Sedangkan TSA terdiri dari analisis kelemahan mereka dalam mempelajari keterampilan bahasa Inggris, keinginan mereka untuk mempelajarinya, alasan mereka mengambil kursus tersebut, dan preferensi mereka dalam mempelajari materi serta menggunakan gaya belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kecakapan bahasa Inggris pembelajar, kelemahan pembelajar, keinginan pembelajar, preferensi pembelajar dalam hal materi dan gaya belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.29341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id